Advertisement

Rehab 3 Pasar di Bantul Ini Ditarget Kelar Akhir Tahun, Sebagian Besar Kerusakan pada Atap

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 09 Agustus 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Rehab 3 Pasar di Bantul Ini Ditarget Kelar Akhir Tahun, Sebagian Besar Kerusakan pada Atap Pasar Niten. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul merevitalisasi tiga pasar rakyat tahun ini. Revitalisasi tersebut ditargetkan rampung akhir tahun mendatang.

Kepala Bidang Sarana Perdagangan, DKUKMPP Bantul, Zona Paramitha menyampaikan tahun ini Pasar Ngipik, Piyungan dan Niten akan direhabilitasi atapnya. Dia menuturkan sebagian besar pasar rakyat di Bantul mengalami kerusakan pada bagian atap. "Kondisi pasar rata-rata mengalami kerusakan [atap]. Ini [merehabilitasi pasar rakyat untuk] mengantisipasi musim hujan, dominan pekerjaannya di atap," katanya, Jumat (9/8/2024).

Advertisement

Dia menuturkan revitalisasi pasar rakyat dialokasikan dari ABPD Bantul 2024 dan anggaran Pokok Pikiran (Pokir) DPRD Bantul tahun 2024.

Alokasi anggaran untuk rehabilitasi Pasar Ngipik sekitar Rp130 juta, Pasar Piyungan Rp179 juta, dan Pasar Niten Rp711 juta.

Dia menuturkan rehabilitasi Pasar Ngipik dan Piyungan telah berlangsung sejak Agustus 2024. Saat ini progres pekerjaannya telah mencapai sekitar 10-15%. Rehabilitasi tersebut ditargetkan rampung pada Oktober 2024. 

Sementara rehabilitasi Pasar Niten masih memasuki lelang. Akhir tahun 2024, rehabilitasi Pasar Niten ditargetkan rampung.

Sementara Plt Kepala DKUKMPP Bantul, Fenty Yusdayati mengakui sebagian besar pasar rakyat di Bantul mengalami kerusakan dan perlu direhabilitasi. Meski begitu, rehabilitasi pasar rakyat akan dilakukan secara bertahap. Menurutnya, rehabilitasi tersebut dalam rangka pemeliharaan rutin bangunan publik.

"Pemeliharaan rutin akan terus ada. Sekarang kami masih ranahnya memperbaiki [atap] area kios dan los. Nanti bisa jadi ada pemeliharaan lantai. Itu pemeliharaan rutin karena bangunan publik. Ketika ada aktivitas disana kita anggarkan [pemeliharaan] rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Molen Tersangkut Jembatan Kereta Api di Jakarta Timur, Begini Penampakannya

News
| Sabtu, 14 September 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement