Advertisement

Pemkot Jogja Angkat Potensi Pangan Lokal lewat Festival Pangan Lokal

Media Digital
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Pemkot Jogja Angkat Potensi Pangan Lokal lewat Festival Pangan Lokal Suasana festival pangan lokal yang berlokasi di Lapangan Widorokandang SMA Negeri 3 Padmanaba, Kotabaru, Kota Jogja pada Jum'at/Minggu 23/24 Agustus 2024. / ist

Advertisement

JOGJAPemkot Jogja menggelar festival pangan lokal yang berlokasi di Lapangan Widorokandang SMA Negeri 3 Padmanaba, Kotabaru, Kota Jogja pada Jum'at-Minggu 23-24 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan aktivitas petani milenial di wilayah setempat dalam bentuk kontes, lomba dan lain sebagainya.

Advertisement

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jogja Kadri Renggono mengatakan, dalam pemenuhan pangan lokal, pengembangan sektor pertanian di Kota Jogja selama ini mengangkat sistem pertanian perkotaan atau biasa disebut dengan urban farming maupun urban agriculture.

"Beberapa program atau kegiatan yang telah dilakukan, baik yang dibentuk oleh pemerintah maupun diinisiasi oleh warga yakni program Kampung Sayur, Lorong Sayur di jalan-jalan permukiman masyarakat, Tanaman Obat Keluarga serta optimalisasi pekarangan halaman rumah masyarakat dengan tanaman-tanaman pangan yang produktif," katanya.

Lahan pekarangan dioptimalkan memiliki fungsi multi-guna yakni mampu menghasilkan bahan pangan umbi-umbian, sayur-mayur, buah-buahan, rempah-rempah, tanaman obat, serta bisa untuk memelihara sumber bahan pangan hewani, seperti unggas, ternak hewan kecil, ikan, dan sebagainya.

BACA JUGA: Dukung Program Susu Gratis, Kementerian Pertanian Siapkan 1,5 Juta Hektare Peternakan Sapi Perah

"Potensi-potensi pertanian tersebut kemudian dikembangkan dan diolah untuk menciptakan produk-produk inovatif, unggulan, memiliki nilai ekonomi yang tinggi," jelasnya.

Festival Pangan Lokal tahun ini mengusung pesan luhur tentang pentingnya mempertahankan dan menghargai pangan-pangan yang dihasilkan dengan cinta dan kerja keras oleh para petani dan pelaku usaha lokal di wilayah kita tercinta.

"Melalui festival ini, kita tidak hanya sekadar menikmati cita rasa yang lezat, namun juga mengangkat kearifan lokal yang turun-temurun dan menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas kita sebagai masyarakat Jogja," ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Sukidi menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai wahana atraksi, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pangan lokal yang sehat. Selain itu juga sebagai daya ungkit wisata kuliner yang merupakan penggerak utama perekonomian Jogja.

"Kami juga ingin mempromosikan produk pangan lokal dan UMKM lewat acara ini kepada masyarakat luas," katanya.

Total ada sebanyak 96 peserta yang mendaftar setelah dikurasi panitia akhirnya dipilih sebanyak 40 peserta yang terdiri dari stand bahan pangan dan olahan jajanan tradisional. Mereka berasal dari kelompok tani, petani milenial Jogja, UMKM dan masyarakat umum lainnya.

"Nanti akan ada lomba lanscape sayur diikuti 34 peserta, lomba B2SA 42 peserta, lomba sayur buah cabai 102 peserta, lomba stand 42 peserta dan berbagai kegiatan lainnya," kata Sukidi. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ramai Soal Akun Fufufafa, Sufmi: Prabowo Tak Pernah Mempersoalkan

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement