Advertisement

Ada Kirab Saparan Bekakak di Gamping Sleman, Hindari Ruas Jalan Ini

Ujang Hasanudin
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 10:47 WIB
Ujang Hasanudin
Ada Kirab Saparan Bekakak di Gamping Sleman, Hindari Ruas Jalan Ini Suasana upacara adat Saparan Bekekak di Cagar Alam Gunung Gamping, Desa Ambarketawang, Gamping pada Jumat (26 - 10 / 2018).Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Pemerintah Kalurahan Ambarketawang, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman akan menggelar tradisi tahunan "Kirab Ageng Tradisi Adat Bekakak atau Saparan Bekakak 2024, hari ini, Jumat (23/8/2024) siang. Untuk memperlancar acara tersebut kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan yang akan dilalui kirab mulai pukul 13.00 - 18.00 WIB

Jalan yang terdampak adanya Kirab Ageng Saparan Bekak yaitu Jalan Jogja-Wates Wilayah Gamping-Sedayu, Jalan Siliwangi (Ringroad Barat), Jalan Brawijaya (Ringroad Selatan) Gamping-Kasihan dan Jalan Godean Wilayah Godean Sleman. Para pengendara kendaraan diminta untuk menggunakan jalur alternatif.

Advertisement

“Berkaitan hal tersebut di atas akan ada rekayasa lalu lintas dari Polsek Gamping di Back-Up Polresta Sleman, Polsek Godean, Polsek Sedayu dan Polsek Kasihan Bantul yaitu Pengalihan Arus Lalu Lintas dengan Sistem Buka Tutup di Jalan Jl.Wates KM. 4,5 s/d Jl.Wates KM.6 ( Mulai Dari Perempatan Pelem Gurih sampai dengan Perempatan Depok Ambarketawang Gamping),” tulis Polsek Gamping melalui akun Instagram resminya.

Kepolisian menyampaikan permohonan maaf jika nanti di jalur tersebut yang dilewati rute kirab, menjadikan perjalanan para pengendara kurang nyaman, sedikit terganggu dan tersendat.

BACA JUGA: Muncul Sejak Abad ke-18, Ini Kisah dan Filosofi Tradisi Saparan Bekakak

Dalam kesempatan ini, Polsek Gamping juga mengimbau kepada masyarakat yang akan menonton prosesi kirab untuk menjaga barang bawaan berharga terutama telepon seluler dan dompet, mengawasi anak, menjaga kebersihan, serta menjaga situasi kondusif. “Segala bentuk tindakan kriminal akan diproses,” tegas Polsek Gamping.

Untuk diketahui, tradisi Saparan Bekakak rutin diadakan setiap tanggal 15 bulan Sapar dalam penanggulangan Jawa. Upacara ini ditujukan untuk menghormati pengabdian tokoh masyarakat di daerah tersebut yakni Ki Wirasuta dan istrinya, seorang abdi dalem yang setia terhadap Sri Sultan Hamengkubuwono I atau Pangeran Mangkubumi.

Puncak Saparan Bekakak diawali dengan kegiatan seremonial di lapangan kantor Kalurahan Ambarketawang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta kirab. Acara kemudian dilanjutkan dengan kirab bekakak menuju situs Gunung Gamping. Dalam perjalanan kirab  turut ditampilkan sejumlah ogoh-ogoh dengan berbagai bentuk yang unik, pasukan bregada dan berbagai kesenian lainnya.

Salah satu agenda inti dalam Saparan Bekakak ialah rombongan kirab membawa bekakak yang kemudian menyembelih secara simbolis bekakak tersebut di Gunung Gamping. Bekakak sendiri merupakan boneka tiruan berbentuk sepasang pengantin yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan gula merah. Tujuannya adalah untuk memohon keselamatan bagi masyarakat sekitar agar terhindar dari segala macam bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Program Makan Bergizi Gratis, Pemerintah Siapkan 1,5 Juta Ha Lahan Peternakan Sapi

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement