Advertisement

Konstruksi Capai 52 Persen, Jalan Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Sleman Segera Tersambung

Catur Dwi Janati
Sabtu, 24 Agustus 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
Konstruksi Capai 52 Persen, Jalan Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Sleman Segera Tersambung Foto aerial proyek tol Jogja-Solo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proyek pembangunan jalan Tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani Sleman atau masuk dalam paket 1.2 terus mengalami peningkatan. Hingga pertengahan Agustus 2024 proyek ini telah memasuki penggarapan di angka 52%. Dengan demikian tak lama lagi jalan tol Jogja-Solo akan segera tersambung sampai ke wilayah DIY.

Humas Proyek Tol Jogja-Solo-YIA Wilayah DIY, PT Adhi Karya Agung Murhandjanto menjelaskan sejumlah penggarapan konstruksi terus dikebut untuk tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani. Rua ini merupakan sambungan dari kawasan perbatasn antara DIY dan Jawa Tengah.

Advertisement

BACA JUGA : Terkena Proyek Tol Jogja-Solo-YIA, Kabel PLN di 4 Kalurahan Ini Direlokasi

Pengerjaan konstruksi yang dilakukan, saat ini progres konstruksi Tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani sudah tembus di angka 52%. "Secara keseluruhan progres kontruksi Paket 1.2 sudah mencapai 52%," katanya Selasa (20/8/2024)

Adapun pengerjaan konstruksi untuk wilayah DIY di antaranya telah memasuki pekerjaan timbunan tanah uruk telah sampai pada main road. Selain itu dari total 45 box culvert tercatat sudah 31 yang terpasang

Selain material timbunan dan box culvert, pembangunan sejumlah jembatan dalam proyek Tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani pun terus menunjukkan perkembangan. Pada ruas ini untuk di wilayah DIY rencananya ada sembilan jembatan yang bakal dibangun.

Dari sembilan jembatan itu, tujuh jembatan akan dibangun di area main road, sedangkan dua jembatan lainnya bakal dibangun pada interchange (IC) atau simpang susun Purwomartani.

BACA JUGA : Tiga Bidang Tanah Tol Jogja-Solo di Sleman Belum Dibebaskan, Ini Kendalanya

Hingga saat ini lima jembatan sudah rampung dibangun di ruas Klaten-Purwomartani Tol Jogja-Solo. Adapun dua jembatan lainnya masih dalam proses pengerjaan. "Satu jembatan masih dalam proses konstruksi dan satu jembatan lagi masih terkendala karena berada di lokasi makam penduduk yang belum direlokasi. Semua pekerjaan tersebut semuanya di area at grade non-elevated," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan Tertutup, Prabowo Minta Masukan SBY Sebelum Dilantik Jadi Presiden RI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement