Advertisement

Satpol PP DIY Kerahkan 28.524 Personel Satlinmas Bantu Pengamanan Pilkada

Alfi Annisa Karin
Sabtu, 24 Agustus 2024 - 06:47 WIB
Ujang Hasanudin
Satpol PP DIY Kerahkan 28.524 Personel Satlinmas Bantu Pengamanan Pilkada Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad saat ditemui di Stadion Mandala Krida, Jumat (23/8/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Berbagai pihak mulai bersiap untuk menyambut kontestasi Pilkada 2024 mendatang. Salah satunya adalah Satpol PP DIY. Nantinya, Satpol PP DIY akan mengerahkan personel baik Satpol PP maupun Satlinmas.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad menuturkan setidaknya ada 28.524 anggota Satlinmas yang akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS). Noviar menyebut sejumlah persiapan sudah dilakukan. Diantaranya adalah melakukan pembekalan terhadap tugas-tugas Satlinmas yang akan dilakukan di TPS.

Advertisement

“Misalnya sehari sebelumnya menjaga kotak suara, ikut membantu KPPS membangun TSP, menjaga membawa mengamankan ketika (kotak suara) dari TPS dibawa ke KPPS menjaga pada saat penghitungan suara supaya tidak terjadi konflik,” ujar Noviar.

Noviar mendorong personel Satlinmas untuk menjunjung tinggi sikap netralitas. Secara pribadi mereka diperkenankan untuk menggunakan hak suaranya. Namun, secara institusi anggota Satlinmas tak boleh berafiliasi dengan calon manapun.

"Kita tidak boleh menghambat hak konstitusi seseorang," tuturnya.

BACA JUGA: Belum Juga Terima Rekomendasi DPP untuk Pilkada, Begini Respons PDIP Kota Jogja

Sementara itu, di sisi lain Noviar memastikan seluruh anggota Satlinmas itu sudah dicek kesehatannya. Ini menjadi langkah antisipasi tumbangnya personel Satlinmas saat bertugas lantaran beban tugas yang berat dan kondisi kesehatan yang tidak prima. Noviar tak mau kejadian meninggalnya dua anggota Satlinmas pada pemilu serentak 2019 lalu terulang kembali.

“Maka sekarang kita persyaratkan untuk menjadi Satlinmas di TPS harus pemeriksaan kesehatan,” tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ramai Soal Akun Fufufafa, Sufmi: Prabowo Tak Pernah Mempersoalkan

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement