Advertisement

Lurah Panggungharjo, Wahyudi Dikabarkan Maju Pilkada, Apdesi Bantul: Kami Tetap Akan Netral

Jumali
Minggu, 25 Agustus 2024 - 14:27 WIB
Ujang Hasanudin
Lurah Panggungharjo, Wahyudi Dikabarkan Maju Pilkada, Apdesi Bantul: Kami Tetap Akan Netral Wahyudi Anggoro Hadi. - panggungharjo.desa.id

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-- Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Bantul memastikan tetap akan netral, meskipun salah satu anggotanya, yakni lurah Panggungharjo, Sewon, Wahyudi Anggoro Hadi akan maju sebagai bakal calon wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024. Wahyudi akan mendampingi bakal calon bupati Bantul Untoro Hariadi pada ajang Pilkada Bantul 2024.

Ketua Apdesi Bantul Mahardi Badrun mengatakan, sejauh ini, dirinya beberapa waktu lalu memang belum mengetahui terkait rencana Wahyudi Anggoro Hadi maju sebagai bakal calon wakil bupati mendampingi Untoro Hariadi pada Pilkada Bantul.
"Yang jelas, saya baru dengar ada informasi kalau dia akan maju sebagai pendamping Untoro Hariadi di Pilkada Bantul," kata Badrun, Minggu (25/8/2024).

Advertisement

Meski demikian, lurah Seloharjo, Pundong itu menegaskan jika Apdesi Bantul akan tetap netral pada Pilkada mendatang. Meskipun Wahyudi nantinya maju sebagai bakal calon wakil bupati Bantul.

"Apdesi Bantul tetap akan netral. Kami ikut aturan yang ada," katanya.

Terpisah, Ketua DPD PKS Bantul Agung Laksmono yang dikonfirmasi terkait kabar PKS akan mengusung Untoro Hariadi-Wahyudi Anggoro Hadi mengatakan, jika saat ini dinamika politik masih cair.

"Sehingga kami belum menentukan sikap, karena semua masih cair," ucapnya.

Bakal calon wakil bupati Bantul yang juga lurah Panggungharjo, Sewon, Wahyudi Anggoro Hadi mengungkapkan, adanya putusan MK telah membuat peluang dirinya maju pada Pilkada Bantul terbuka lebar. Sebab, partai yang memiliki suara sah sebanyak 47.210 suara pada Pemilu 2024 bisa mengusung bakal paslon sendiri pada Pilkada Bantul.

BACA JUGA: Putusan MK Digunakan, Muncul Wacana Untoro Hariadi-Wahyudi Anggoro Maju Pilkada Bantul

"Dan, sejauh ini memang ada beberapa partai sudah melakukan komunikasi awal dengan saya. Tapi, belum ada titik temu. Mungkin dalam waktu dekat sudah ada kepastian juga. Untuk pasangan, sejauh ini yang intens berkomunikasi memang pak Untoro Hariadi," kata Wahyudi.

Meski demikian, Wahyudi masih enggan membeberkan terkait dengan partai-partai yang sudah berkomunikasi dengan dirinya. Meskipun, diakuinya, ada PKS yang telah berkomunikasi dengan dirinya. Wahyudi mengaku sampai saat ini dirinya juga belum mengiyakan tawaran dari partai-partai politik tersebut untuk mengusung dirinya bersama dengan Untoro Hariadi di Pilkada mendatang.

"Karena saya kan juga harus ketemu dengan masyarakat Panggungharjo, minta izin ke mereka juga. Jadi, kalau ditanya apakah saya siap atau tidak, saya masih menunggu izin masyarakat Panggungharjo juga, karena saya juga belum selesai menjabat. Selain itu, sampai saat ini saya juga masih belum mengurus syarat administrasi pencalonan juga," kata Wahyudi.

Terpisah, bakal calon bupati Bantul Untoro Hariadi mengakui jika ada rencana dirinya maju pada Pilkada Bantul bersama dengan Wahyudi Anggoro Hadi. Hanya saja, sampai saat ini, belum ada keputusan final dari partai yang akan mengusungnya.

"Untuk itu, komunikasi masih terus dilakukan dengan beberapa partai, seperti Golkar, Gerindra, PAN dan PKS. Lalu, ada beberapa partai lainnya. Siang ini pun, kami akan ada pertemuan dengan beberapa partai terkait dengan hal ini," papar Untoro.

Meski demikian, Untoro mengakui jika  dirinya sudah mulai menyiapkan syarat administrasi untuk pendaftaran bakal paslon ke KPU. "Bahwa belum lengkap, nanti kan ada waktu melengkapi. Nanti kan daftar kan ya, partai. Tergantung nanti kapan waktunya, saya manut dari partai," ucap Untoro.

Sementara Sekretaris DPD Partai Golkar Bantul Widodo enggan berkomentar banyak terkait dengan rencana Golkar mengusung Untoro Hariadi-Wahyudi Anggoro Hadi pada Pilkada mendatang.

"Sejauh ini belum ada komunikasi, mas. Nanti, semua masih akan dibicarakan di rapat tim Pilkada Bantul," ucap Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement