Advertisement

Paguyuban Kawruh Budaya Gelar Laku Budaya di Makam Sawitsari UGM

Sunartono
Kamis, 29 Agustus 2024 - 00:37 WIB
Sunartono
Paguyuban Kawruh Budaya Gelar Laku Budaya di Makam Sawitsari  UGM Sejumlah orang yang mengatasnamakan Paguyuban Kawruh Budaya Yogyakarta melakukan aksi laku budaya di Makam Sawitsari UGM, Rabu (28/8/2024) sore. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah orang yang mengatasnamakan Paguyuban Kawruh Budaya Yogyakarta melakukan aksi laku budaya di Makam Sawitsari UGM, Rabu (28/8/2024) sore. Aksi budaya itu digelar sebagai bentuk keprihatian terhadap kondisi bangsa akhir-akhir ini dan mendoakan agar bangsa Indonesia semakin lebih baik ke depan.

Aksi itu digelar dengan berjalan tanpa alas kaki secara khidmat memasuki makam para guru besar UGM di Sawitsari, Depok, Sleman. Kelompok ini kemudian berhenti pada sebuah makam yang kemudian melanjutkan dengan ritual doa bersama sekitar 20 menit. Masih dalam posisi berbaris, peserta aksi kemudian kemudian berjalan dengan pelan keluar dari makam.

Advertisement

Koordinator Paguyuban Kawruh Budaya Ngayogyakarta Agus Sunandar mengatakan aksi itu digelar sebagai bentuk kritik melalui laku budaya. "Sebagai gerakan budaya teman Jogja, ini menjadi cara protes kami terhadap situasi negeri ini, kami mengadu. Orang Jogja yang kental dengan budaya, kami kritik dengan cara budaya, sopan, sehingga ritual mengadu di tempat di makam keluarga besar UGM," katanya.

Ia menuturkan, salah satu alasan memiliki Makam Sawitsari UGM karena di pemakaman tersebut bersemayam banyak tokoh bangsa, nasionalis sejati. Di mana selama hidupnya mereka sangat menjunjung tinggi demokrasi, etika moral dan adab dalam berbangsa dan bernegara.

"Kami mengeluh kepada mereka-mereka, karena kami sudah tidak punya lagi tempat mengeluh sehingga kami datang ke tempat ini untuk mengadukan," ujarnya.

Agus mengaku sengaja tidak mengerahkan banyak orang dalam kegiatan ritual budaya tersebut agar bisa berjalan dengan khidmat. "Sekaligus memberikan penghormatan dan berkeluh kesah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement