Advertisement

BPBD DIY Memperpanjang Status Siaga Darurat Kekeringan hingga Akhir September 2024

Yosef Leon
Kamis, 29 Agustus 2024 - 15:47 WIB
Maya Herawati
BPBD DIY Memperpanjang Status Siaga Darurat Kekeringan hingga Akhir September 2024 Ilustrasi kekeringan - Foto dibuat oleh AI - StockCake

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY memutuskan untuk memperpanjang status siaga darurat kekeringan di wilayahnya sampai dengan akhir September 2024. Sebelumnya status siaga darurat kekeringan ditetapkan sepanjang Agustus lalu akibat kemarau berkepanjangan.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad mengatakan, berdasarkan koordinasi pihaknya dengan BMKG setempat hari tanpa hujan di DIY masih akan berlangsung sampai dengan Oktober dasarian tiga mendatang. Pada masa itu hujan akan turun tetapi masih dalam intensitas rendah.

Advertisement

"Makanya kami memutuskan untuk memperpanjang, karena kabupaten semua juga memperpanjang status siaga darurat kekeringannya," kata Noviar, Kamis (29/8/2024).

BACA JUGA: PDIP Dikabarkan Usung Anies Baswedan untuk Pilkada Jawa Barat, Ini Kata Puan Maharani

Status siaga darurat kekeringan itu nantinya akan berlaku sampai 30 September 2024. Adapun surat ketetapan (SK)-nya masih berada di Gubernur DIY untuk segera disahkan. Dengan begitu upaya-upaya penyaluran bantuan air bersih masih akan dilakukan.

"Aktivitasnya masih sama, tindakan berupa penyaluran air ke masyarakat terutama yang di Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo," jelas Noviar.

Pihaknya mencatat total sudah sebanyak 800 tangki air bersih yang sudah disalurkan ke Kabupaten Gunungkidul, 30 tangki ke Kabupaten Kulonprogo dan 25 tangki ke Kabupaten Bantul. Sementara untuk stok, Noviar menyebut masih ada ribuan tangki air bersih yang ada di kabupaten kota.

"Kami sifatnya hanya mengkoordinasi saja, tidak tersedia pada kami, tapi di kabupaten kota seperti Gunungkidul ada 1.000 tangki dan di kecamatan-kecamatan ada 2.000 tangki, di Kulonprogo dan Bantul tidak ada yang ada hanya Dinsos DIY 100 tangki," katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menkumham: RUU Keimigrasian untuk Wujudkan Penegakan Kedaulatan NKRI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement