Advertisement

Selamat! IPM Bantul Lampaui Rata-Rata Nasional dan DIY, Bupati: Ini Salah Satu Indikator Keberhasilan Pemerintah

Jumali
Selasa, 17 September 2024 - 15:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Selamat! IPM Bantul Lampaui Rata-Rata Nasional dan DIY, Bupati: Ini Salah Satu Indikator Keberhasilan Pemerintah Panggung Krapyak di wilayah Kelurahan Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul. ist - Antara\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Bantul dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan tren positif.

Hal ini diperlihatkan dengan adanya peningkatan usia harapan hidup, rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah,  hingga pengeluaran riil per kapita per tahun. Oleh karena itu, Pemkab Bantul mengklaim sukses dalam membangun kualitas hidup warganya.

Advertisement

BACA JUGA: Wow! Libur Panjang Maulid Nabi Sumbang PAD senilai Rp632 Juta untuk Bantul, Berikut Rinciannya

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mencontohkan, pada 2019, capaian IPM Bantul berada di angka 80,01 persen. Setahun berikutnya capaian IPM naik menjadi 80,36 persen.  Sementara saat pandemi Covid-19, capaian IPM Bantul justru meningkat.
”Pada 2021 naik sedikit menjadi 80,63 persen. Kemudian pada 2022 naik lagi menjadi 81,04 persen,” kata Halim, Selasa (17/9/2024).

Menurut Halim, capaian IPM Bantul saat ini, di atas rata-rata nasional dan Pemda DIY. Sebab, pemerintah pusat pada 2023 mematok target IPM di angka 74,39 persen, sedangkan target IPM dari Pemda DIY di angka 81,09 persen.

Meski, berada di atas rata-rata nasional dan Pemda DIY dalam hal capaian IPM, Halim mengaku tak ingin merasa berpuas diri. Sebagai nahkoda pemerintahan Kabupaten Bantul, Halim ingin terus menggenjot capaian IPM.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bantul Ari Budi Nugroho mengungkapkan, penilaian IPM meliputi tiga aspek. Antara lain, umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, serta standar hidup yang layak.

"Nah, ketiga aspek itu merupakan indikator bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tantangan GenRe Menuju Indonesia Emas, 1 dari 3 Remaja Indonesia 10-17 Tahun Miliki Masalah Kesehatan Mental

News
| Kamis, 19 September 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement