Advertisement

SDN Bhayangkara Jogja Jadi Satuan Pendidikan Aman Bencana

Lugas Subarkah
Jum'at, 27 September 2024 - 17:07 WIB
Ujang Hasanudin
SDN Bhayangkara Jogja Jadi Satuan Pendidikan Aman Bencana Siswa SDN Bhayangkara Kota Jogja mengikuti simulasi bencana dalam SPAB, Kamis (26/9/2024). - ist BPBD Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—SDN Bhayangkara Kota Jogja menjadi salah satu Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Mendapat pembekalan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, diharapkan sekolah mampu memitigasi potensi bencana.

Ketua Tim Kerja Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Jogja, Darmanto, menjelaskan kegiatan pra-bencana merupakan serangkaian kegiatan pendidikan dan pembelajaran pada anak usia dini yang berhubungan dengan pemahaman kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Advertisement

“Kegiatan ini ditujukan untuk mengurangi potensi bahaya dan kerugian yang mungkin timbul ketika bencana. Pada pendidikan pra bencana dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan kondisi yang dihadapi pada saat bencana, antara lain pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9/2024).

BACA JUGA: Pantau Pasar Bringharjo, Penjabat Wali Kota Jogja Klaim Harga Bahan Pokok Stabil & Pasokan Melimpah

Pendidikan pra-bencana inilah yang di laksanakan pada SPAB SDN Bhayangkara Kota Jogja. Pelaksanaan SPAB dimulai Selasa hingga Kamis (24-26/9/2024). Kegiatan pelatihan ini didampingi tim Pendamping PB BPBD Kota Jogja.

“Program pelatihan SPAB ini merupakan upaya ikhtiar kita semua dalam menghadapi ancaman bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Selain itu harus kita sadari bahwa bencana adalah urusan kita semua,” paparnya.

Menurutnya sangat penting bagi guru dan karyawan SDN Bhayangkara Kota Jogja untuk mengikuti pelatihan ini. “Karena keselamatan anak didik saat berada di sekolah menjadi tanggungjawab sekolah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Lancarkan Serangan Udara di Perbatasan Suriah-Lebanon, 5 Tentara Meninggal Jadi Korban

News
| Jum'at, 27 September 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement