Advertisement

100 Peserta dari Lima Negara Pamerkan Karyanya di SIIDEF 2024

Jumali
Selasa, 01 Oktober 2024 - 14:37 WIB
Abdul Hamied Razak
100 Peserta dari Lima Negara Pamerkan Karyanya di SIIDEF 2024 Pengunjung melihat karya pada gelaran The Sewon International Industrial Design Fair (SIIDEF) 2024, di Galery Katamsi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Selasa (1/10/2024) - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Sebanyak 100 desainer, mahasiswa, dan pimpinan industri dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Jerman, dan Thailand menampilkan karyanya di gelaran The Sewon International Industrial Design Fair (SIIDEF) 2024, 1-4 Oktober 2024 di Galery Katamsi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Pameran itu digelar untuk menumbuhkan jiwa inovasi kepada para desainer produk industri.
"Kami ingin dengan adanya pameran ini, para desainer produk industri baik itu masih mahasiswa maupun yang telah terjun ke dunia industri bisa lebih terpancing melakukan inovasi," kata Ketua Panitia SIIDEF 2024, Nor Jayadi, di sela-sela pameran, di Kampus ISI, Selasa (1/10/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Hingga Awal Oktober, Pemkab Bantul Klaim PAD 2024 Telah Terealisasi 80 Persen

"Sebab, ke depan, tantangan terkait dengan desain di dunia industri ini akan terus berkembang," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Nor mengungkapkan, pihaknya sengaja mengangkat tema "Act Locally, Design Globally: Empathy in Local Innovation", karena ingin mengangkat identitas lokal yang bersaing dalam persaingan global. Sebab, Nor mengatakan, saat ini di beberapa negara sudah mulai mengangkat unsur lokal dalam proyeknya demi bersaing di tingkat global.

"Jadi yang ditampilkan di pameran ini tidak hanya mencakup poster tapi juga prototipe yang memanfaatkan bahan lokal. Kami harapkan, pemanfaatan bahan lokal ini bisa menjadi inovasi ke depan dalam menghadapi tantangan global ke depan," ucapnya.

BACA JUGA: Tunggu Izin Kraton Jogja, Gumuk Pasir Parangtritis Segera Dipasang Patok

Rektor ISI Yogyakarta, Irwandi berharap agar SIIDEF 2024 bisa diakses oleh semua pihak, baik akademisi, praktisi, profesional dan mahasiswa. Selain itu, mereka yang mengunjungi pameran dapat memahami kebutuhan dan budaya komunitas lokal secara mendalam.

"Karena pada SIIDEF 2024 ini para desainer mampu merancang solusi yang beresonansi di tingkat global. Dan melalui gelaran ini bisa mendorong pertukaran kreatifitas," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Mantan Dirjen Bea Cukai Terkait Dugaan Korupsi Kapal Patroli Cepat

News
| Selasa, 01 Oktober 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement