Advertisement

Tiga Ruas Jalan di Kota Jogja Diperbaiki

Lugas Subarkah
Rabu, 02 Oktober 2024 - 16:57 WIB
Sunartono
Tiga Ruas Jalan di Kota Jogja Diperbaiki Para pekerja mulai pengerjaan perbaikan berkala di Jalan Bantul, beberapa waktu lalu. - ist Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja melaksanakan pemeliharaan berkala di tiga ruas jalan. Pemeliharaan berkala dilakukan pada jalan yang mengalami kerusakan dan masuk dalam prioritas penanganan. Selama pengerjaan pemeliharaan berkala tidak ada penutupan lalu lintas jalan.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Jogja, Hasri Nilam Baswari, menjelaskantiga jalan yang menjadi sasaran pemeliharaan berkala adalah Jalan Bantul, Jalan Ngeksigondo dan Jalan Komplek Balaikota Jogja.

Advertisement

Per akhir tahun 2022, kondisi ketiga jalan tersebut masuk dalam kategori rusak ringan 100 perse "Karena kondisi jalannya masuk dalam prioritas penanganan. Kondisi kemantapan jalan per akhir 2022 adalah rusak ringan seratus persen," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (2/10/2024).

Pemeliharaan berkala ketiga jalan tersebut menggunakan APBD Perubahan Kota Jogja 2024. Nilai kotrak masing-masing meliputi Jalan Bantul sekitar Rp5,5 miliar, Jalan Ngeksigondo Rp1,5 miliar dan Komplek Jalan Balai Kota Jogja Rp757 juta.

Anggaran pemeliharaan berkala di Jalan Bantul paling besar dibandingkan di dua jalan lainya karena Jalan Bantul memiliki panjang mencapai 1.449 meter dan lebar sekitar 10 meter. Di samping itu, ada normalisasi simpang dengan pelebaran jalan di simpang Jalan Bantul tepatnya di Pojok Beteng Barat ke selatan.

Saat ini pemeliharaan berkala ketiga jalan itu sudah dalam proses persiapan. Pengerjaan sudah dimulai di Jalan Bantul berupa pengerjaan item minor, seperti peninggian manhole dan grill. Pemeliharaan berkala ketiga jalan ditargetkan selesai pada 22 Desember 2024. Selama pengerjaan, tidak ada penutupan lalu lintas.

"Sebagian besar adalah pekerjaan aspal dan bahu jalan. Nanti dikupas aspal lamanya, cold milling machine. Pengerjaan dilakukan pagi sampai malam. Untuk waktu kita usahakan bisa selesai tepat waktu sesuai SPK [surat perintah kerja]," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komitmen Zero Burning Practices Bawa KLHK Raih Penghargaan Peringkat I Green Eurasia 2024

News
| Rabu, 02 Oktober 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement