Advertisement

FKY 2024, Usung Tema Benda-Umpak Buka, Ajak Warga Jelajahi Situs Bersejarah

Media Digital
Kamis, 03 Oktober 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
FKY 2024, Usung Tema Benda-Umpak Buka, Ajak Warga Jelajahi  Situs Bersejarah Agenda jumpa pers Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) dengan mengusung tema benda/Umpak Buka. / ist

Advertisement

JOGJA—Sejak 2023, Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) menandai langkah baru dengan menyusun roadmap tematik selama lima tahun, yakni Ketahanan Pangan, Benda, Adat Istiadat, Bahasa dan Nilai-nilai Budaya. Gagasan tersebut diolah menjadi sebuah strategi pelaksanaan dengan skema rotasi lokasi festival di empat kabupaten meliputi Kulonprogo, Gunungkidul, Bantul, dan Sleman, serta Kota Jogja. Kelima wilayah ini menjadi pusat lokasi festival secara bergiliran.

Mengusung tema benda yang diberi tajuk Umpak Buka, Festival Kebudayaan Yogyakarta 2024 mengajak para masyarakat untuk menjelajahi dan mengalami kebudayaan benda serta situs bersejarah di berbagai daerah di Bantul. FKY 2024 akan berlangsung 10-18 Oktober 2024 di Bantul tepatnya di Lapangan Bawuran, Kalurahan Bawuran, Kapanewon Pleret.

Advertisement

Tema benda-Umpak Buka akan memaparkan lanskap pemikiran dan praktik hidup manusia Jawa tentang makna fondasi melalui refleksi atas ke-benda-an. Sebagai benda, umpak merupakan fondasi penyangga saka guru dalam arsitektur tradisional Jawa. Umpak dilihat sebagai semesta fundamen, yakni dasar, asas, konstitusi dan paugeran.

Sebagai upaya menelusuri kembali pengetahuan benda yang tersimpan dalam relung-relung masyarakat,FKY 2024 meluncurkan program utama bernama Jelajah Budaya. Program ini menghadirkan pengalaman yang mengeksplorasi bagaimana materialitas (benda) menjadi arsip hidup, mencatat sejarah, identitas, dan perjuangan kelompok di masyarakat.

BACA JUGA: Performa PSS Tak Kunjung Membaik, Wagner Lopes Diistirahatkan Sementara

Panggung utama FKY 2024 bertempat di Lapangan Bawuran. Beberapa program yang dilaksanakan di antaranya Pasaraya Benda, Wahana SDSB, Pawon Hajat Khasiat, dan pertunjukan seni di panggung FKY.

FKY 2024 akan dibuka 10 Oktober 2024 dengan menampilkan Pawai Pusaka, Flashmob, Jamasan Pusaka Warga dan Yogyakarta Royal Orchestra. Bergeser sedikit, di MCC Tepi Sabin, FKY 2024 akan menyelenggarakan Pameran bertajuk Azimat-Siasat.

Untuk program diskusi sebagai penunjang pertukaran dialog gagasan diadakan dalam bentuk FKY Rembug yang berisi tiga sub-program yakni Wicara, Siniar, dan Forum Musyawarah Umpak Buka.

FKY 2024 juga diisi tiga kompetisi, yakni Kompetisi Rakitswara berupa lomba perancangan instrumen musik terbaru maupun terbarukan dengan mengolah “benda”, kemudian Gladhen Jemparingan, serta Kompetisi Mural dari Rakyat dengan pelaksanaannya tersebar di berbagai wilayah DIY. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Labor Institute Minta Prabowo Bikin Infrastruktur Pencipta Lapangan Kerja

News
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement