Advertisement

Digelar Lagi Tahun Ini, Malioboro Run Diikuti 4.000 Lebih Pelari

Media Digital
Minggu, 06 Oktober 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Digelar Lagi Tahun Ini, Malioboro Run Diikuti 4.000 Lebih Pelari Suasana event BPD DIY Malioboro Run yang digelar pada Minggu (6/10/2024) di kawasan Malioboro. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 4.700 peserta memeriahkan BPD DIY Malioboro Run yang digelar pada Minggu (6/10/2024) di kawasan Malioboro.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berkesempatan melepas kategori 5K pada ajang lari yang sudah ketiga kalinya digelar itu. 

Advertisement

Sepanjang rute lari peserta menikmati suasana pagi di jantung Kota Jogja dengan pemandangan bangunan heritage

Mengusung tema Running Through the Heritage of Jogja, BPD DIY Malioboro Run memperlombakan sejumlah kategori yakni 5K, 10K, Half Marathon (21K) serta kelompok Master dengan melewati sejumlah ikon di Kota Jogja seperti Plengkung Wijilan dan Gading, Pojok Beteng Wetan dan Wetan Lor dan lainnya. 

Dari total 4.744 peserta yang berpartisipasi pada Malioboro Run 2024 kategori Half Marathon diikuti oleh 453 peserta, kategori 10K diikuti 1.717 peserta dan peserta terbanyak ada pada kategori 5K yakni 2.574 peserta.

Tepat pukul 05.00 WIB, peserta lari kategori 21K melakukan start. Disusul kategori 10K selang 15 menit kemudian. Barulah 15 menit kemudian, kategori 5K melakukan start.

Sultan turut menyapa ribuan para peserta yang tengah siap berlari di garis start. Dia berpesan kepada para peserta untuk berhati-hati dan selalu jaga kondisi ketika berlari. "Hati-hati, jaga kondisi dan jangan memaksa kalau kondisi badan kurang fit," kata Sultan. 

Direktur Utama BPD DIY Santoso Rohmad menjelaskan, pihaknya mengapresiasi antusiasme dan animo peserta yang sangat luar biasa pada event ini. Pihaknya mengatasi peserta hanya di angka 4.500 tetapi tembus sampai 4.700 peserta. 

"Tahun ini jumlah pesertanya lebih besar dibandingkan tahun lalu. Semoga tahun depan kami akan menyediakan fasilitas yang lebih besar lagi," katanya. 

Menurutnya, event ini berkontribusi positif bagi perkembangan sport tourism di wilayah setempat. Selain itu juga menggerakkan pertumbuhan ekonomi terutama bagi kalangan UMKM. 

"Perputaran uangnya sangat luar biasa dan tentunya berdampak pada sektor pariwisata dan juga UMKM," ujarnya. 

Santoso menambahkan, sedikitnya 60% dari total peserta berasal dari luar DIY sehingga kondisi ini tentu menjadi suntikan yang positif bagi perkembangan ekonomi wilayah ini dengan spending money mereka selama berada di Jogja. 

"Harapan kami ke depan tentu kualitas dan skala event-nya semakin besar karena ini sudah yang kesekian kalinya sehingga bisa menarik lebih banyak orang berkunjung ke Jogja;”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sekjen PDIP Beri Penjelasan Terkait Wacana Pertemuan Megawati dengan Prabowo

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement