Advertisement

KPU Sleman Segera Finalisasi Materi Debat Pilkada 2024, Ini Tema Jadi Topik Pembahasan

David Kurniawan
Minggu, 20 Oktober 2024 - 12:07 WIB
Sunartono
KPU Sleman Segera Finalisasi Materi Debat Pilkada 2024, Ini Tema Jadi Topik Pembahasan Kampanye pemilu - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KPU Sleman berencana menyelenggarakan debat public yang diselenggarakan sebanyak tiga kali. Sebelum dilaksankaan akan dilakukan finalisasi berkaitan dengan tema debat untuk calon bupati dan wakil bupati.

Anggota KPU Sleman Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Huda Al Amna mengatakan, debat untuk calon bupati dan wakil bupati diselenggarakan tiga kali. Rencananya debat pertama menghadirkan calon bupati diselenggarakan 27 Oktober dan debat kedua menghadirkan calon wakil bupati digelar pada 3 November 2024.

Advertisement

“Debat ketiga digelar 10 November dengan menghadirkan pasangan calon bupati dan wakil bupati,” kata Huda, Sabtu (19/10/2024).

BACA JUGA : Jadwal Debat Pilkada Sleman Berubah Tiga Kali

Dia menjelaskan, untuk kesukesan penyelenggaraan debat sudah ada koordinasi dengan panelis dan perwakilan pasngan calon guna membahas materi debat. Selain itu, juga telah melakukan uji public berkaitan dengan materi tersebut.

“Gambarannya sudah ada dan finalisasi tentang materi dirampungkan di 21 November. Kami akan menggelar pertemuan dengan panelis dan perwakilan paslon untuk merampungpan pembahasan sebelum debat perdana digelar,” katanya.

Huda menjelaskan, Gambaran tentang tema debat sudah dimiliki. Debat pertama tentang kesejahteraan rakyat dan infrastruktur.

Pelaksnaaan debat kedua akan membahas tentang insklusi sosial budaya dan ketahanan keluarga. Sedangkan di debat ketiga membahas masalah reformasi birokrasi dan pembangunan berkelanjutan.

“Sudah ada gambarannya, termasuk sub tema pembahasan yang disajikan dalam pelaksanaan debat. Yang jelas, kita segera rampungkan terkait dengan materi untuk debat,” katanya.

Huda menambahkan, untuk debat sempat mengalami perubahan waktu pelaksanaan hingga akhirnya disepakati digelar 27 Oktober, 3 dan 10 November 2024. “Yang jelas pelaksanaan dilaksanakan hari Minggu dan ini sudah pasti waktunya sehingga tinggal mempersiapkan kelancaran dalam pelaksanaan,” katanya.

BACA JUGA : Tugas Berat KPU Sleman dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024

Anggota KPU Sleman, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilihan, Noor Aan Muhlishoh mengatakan, mulai 25 September lalu sudah memasuki tahapan kampanye. Rencananya kampanye selesai pada 23 November 2024.

“Ada waktu kampanye selama 60 hari,” katanya.

Untuk pelaksanaan kampanye terdiri dari tiga, yakni rapat umum, pertemuan terbatas dan tatap muka. Untuk rapat umum, masing-masing pasangan calon hanya mendapatkan jatah satu kali, sedangkan kegiatan pertemuan terbatas dan tatap muka bisa dilakukan setiap hari.

“Ketentuan dalam kampanye sudah diatur dalam PKPU No.13/2024,” kata Aan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Simak! Ini Pidato Lengkap Prabowo Subianto sebagai Presiden RI

News
| Minggu, 20 Oktober 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement