Advertisement

Guguran Lava Terjadi Ratusan Kali di Merapi, Material Mengarah ke Kali Bebeng

Catur Dwi Janati
Minggu, 20 Oktober 2024 - 14:27 WIB
Sunartono
Guguran Lava Terjadi Ratusan Kali di Merapi, Material Mengarah ke Kali Bebeng Guguran awan panas Gunung Merapi di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Minggu (21/1/2024). ist - X @BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ratusan guguran lava masih terjadi Gunung Merapi dalam sepekan terakhir. Dalam kurun waktu pengamatan 11 – 17 Oktober 2024, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat setidaknya ada 302 guguran lava yang terjadi. Masyarakat diimbau untuk menjauhi dari titik potensi bahaya.

Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso mengungkapkan dalam sepekan terakhir ratusan guguran lava teramati terjadi di Gunung Merapi. Suara gugurannya bahkan terdengar belasan kali dari pos pemantauan. 

Advertisement

"Pada pekan ini guguran lava teramati sebanyak 302 kali ke arah hulu Kali Bebeng sejauh maksimal 1.900 meter. Suara guguran terdengar 11 kali dari Pos Kaliurang dan Pos Babadan dengan intensitas kecil hingga sedang," kata Agus dihubungi pada Minggu (20/10/2024).

BACA JUGA : Dispar Sleman Optimistis Target Kunjungan 7,5 Juta Wisatawan Terlampaui hingga Akhir Tahun

Berdasarkan analisis foto udara, Agus menerangkan jika volume kubah barat daya mengalami peningkatan. Volume kubah barat daya sebesar 2.999.700 meter kubik, sedangkan kubah tengah sebesar 2.360.600 meter kubik.

Meski tidak ada perubahan morfologi secara signifikan pada morfologi kubah tengah, Agus mengungkapkan terdapat perubahan morfologi kubah barat daya. Salah satu penyebab perubahan ini karena adanya aktivitas guguran lava.

"Morfologi kubah barat daya teramati adanya perubahan akibat adanya aktivitas pertumbuhan kubah dan guguran lava," katanya. 

Selanjutnya berdasarkan sejumlah hasil pengamatan visual dan instrumental, Agus menerangkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status aktivitas ditetapkan dalam tingkat Siaga.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal lima kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal tujuh kilometer.

Pada sektor tengah potensi bahaya meliputi Sungai Woro sejauh maksimal tiga kilometer dan Sungai Gendol sejauh maksimal lima kilometer. Lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak.

"Data pemantauan menunjukkan suplai magma masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awan panas guguran di dalam daerah potensi bahaya," ujarnya. 

BACA JUGA : Kunjungan Wisata Sleman Tunjukkan Tren Positif, Ini Datanya

Masyarakat diimbau tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Masyarakat juga diminta mewaspadai bahaya lahar dan awan panas guguran (APG) terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat ke Prabowo Lewat Telepon

News
| Minggu, 20 Oktober 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement