Advertisement

Menteri Kehutanan, Raja Juli: Retret Magelang Tepis Ego Sektoral Bersatu Wujudkan Kemandirian Bangsa

Catur Dwi Janati
Senin, 28 Oktober 2024 - 06:47 WIB
Ujang Hasanudin
Menteri Kehutanan, Raja Juli: Retret Magelang Tepis Ego Sektoral Bersatu Wujudkan Kemandirian Bangsa Raja Juli Antoni. - PSI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Usai mengikuti retret atau pembekalan "the Military Way" di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Menteri Kehutanan, Raja Juli Antoni berencana tancap gas menyusun program yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat dan kemandirian bangsa. Momen retret juga menjadi kesempatan untuk saling mengenal dan mempererat komunikasi kementerian lintas sektoralm.

"Saya kira tiga hari ini ya bagi saya pribadi adalah pengalaman yang menyenangkan, menggembirakan dan membahagiakan, karena ini ada kesempatan emas, golden opportunity bagi para menteri untuk saling mengenal," kata Raja Juli pada Minggu (27/10/2024).

Advertisement

Menurut Raja Juli banyak anggota kabinet yang tidak saling mengenal sebelumnya. Terlebih kabinet diisi berbagai orang dengan latar belakang yang beragam, mulai dari partai yang berbeda hingga profesi yang berbeda. 

"Tetapi dengan tiga hari ini terlihat hubungan menjadi cair karena ada ruang komunikasi yang intens antara satu menteri dengan menteri yang lain," ujarnya. 

BACA JUGA: Mensesneg: Presiden Prabowo Pertimbangkan Susu Cair Jadi Alternatif Makan Siang Gratis

Raja Juli menambahkan bila komunikasi yang mampet dan adanya ego sektoral menjadi permasalahan yang coba diatasi. Dengan adanya retret hubungan dalam kabinet bisa menjadi semakin cair.

"Pengalaman dari sebelum sebelumnya, menurut para menteri senior juga, yang jadi masalah utama di Republik ini justru karena komunikasi yang mandek. Ada ego sektoral masing-masing merasa ini adalah portofolionya yang enggak boleh diganggu oleh orang lain. Dengan pertemuan kemarin saya kira itu menjadi cair," tegasnya. 

Selain itu Raja Juli menilai agenda retret ini membuat jalur visi yang ingin dicapai pemerintahan Prabowo-Gibran semakin jelas dipahami oleh para menteri. Banyak dialog yang dijalin antara para menteri yang mengacu pada dua orientasi. Pertama orientasi kesejahteraan rakyat dan kedua orientasi kemandirian bangsa. 

"Menurut saya, semakin jelas juga bagi para menteri paling tidak bagi saya, visi, misi, goals orientasi pak Prabowo dan mas Gibran itu kemana," tuturnya. 

"Sehingga jelas ke depan orientasi pemerintahan pak Prabowo-Gibran ini adalah kesejahteraan rakyat dan kemandirian bangsa," tegas Raja Juli.

Di sektor kehutanan Raja Juli akan segera tancap gas memfokuskan sejumlah program. Program-program yang disusun Kementerian Kehutanan lanjut Raja Juli juga akan mengarah pada orientasi kesejahteraan rakyat dan kemandirian bangsa. 

"Saya sudah banyak punya pikiran [ide] nanti Senin langsung tancap gas," ungkapnya. 

Sayangnya Raja Juli belum bisa membocorkan program apa saja yang akan dicetak Kementerian Kehutanan untuk mewujudkan dua orientasi pemrintahan Prabowo-Gibran nantinya. 

"Saya enggak bisa sampaikan sekarang, karena tadi pak Prabowo memerintahkan kepada kami untuk menyusun program quick win baik itu yang short term dalam 100 hari middle term maupun yang long term. Jadi nanti pada saatnya nanti akan kami laporkan ke pak presiden dan pada saatnya akan kita umumkan dan kerjakan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabinet Gemuk, Prabowo Dipastikan Tak Akan Bikin Gedung Baru

News
| Minggu, 27 Oktober 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement