Advertisement

Perubahan Sosial karena NYIA Jadi Tanggung Jawab Bersama Umat Beragama

Kusnul Isti Qomah
Sabtu, 21 April 2018 - 20:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Perubahan Sosial karena NYIA Jadi Tanggung Jawab Bersama Umat Beragama Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menggelar open house kantor PSPTM. - Ist/UKDW

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menggelar open house kantor Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat (PSPTM) kepada civitas academica di lingkungan UKDW, Rabu (18/4/2018). Open house itu digelar untuk sosialisasi Proyek Samigaluh Tanggap Globalisasi.

Farsijana Adeney-Risakotta, dosen Fakultas Bisnis serta salah satu pendiri PSPTM menjelaskan, perubahan sosial yang terjadi karena pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di

Advertisement

Kecamatan Temon dan Bedah Menoreh, menjadi tanggung jawab bersama umat beragama. “Ini untuk mempersiapkan warga masyarakat di daerah-daerah yang terdampak,” ujar dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (21/4/2018).

Sebagai investigator dari Proyek Samigaluh Tanggap Globalisasi, Farsijana Adeney-Risakotta bersama timnya telah memulai riset kelayakan. Adapun proyek ini dibiayai dari hibah yang dimenangkan PSPTM dalam kompetisi yang diselenggarakan Presbyterian Women di Amerika Serikat. Jumlah hibah sebesar US$46.323 atau sekitar Rp642,9 juta itu akan digunakan untuk 13 kegiatan proyek yang meliputi penguatan kapasitas warga masyarakat dalam membangun kewirausahaan kelompok berbasis produk unggulan di daerahnya.

Ia menjelaskan, ada enam produk unggulan yang menjadi konsentrasi dalam penguatan kapasitas kelompok dan organisasi ekonomi. Adapun kelompok yang dimaksud yakni usaha bersama teh Menoreh (di desa Nglinggo), kambing etawa, kayu dan bambu, kelapa, makanan lokal dan rumah singgah wisata di desa Kebon Harjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo.

“Diharapkan melalui proyek Samigaluh Tanggap Globalisasi, universitas dapat memberikan input kepada warga masyarakat melalui penguatan kapasitas ilmu dan keterampilan dalam alih teknologi,

penguatan desain produk, kemampuan manajerial organisasi, standardisasi administrasi dan akuntansi serta akses perluasan pemasaran produk usaha berbasis budaya lokal yang dapat mengangkat nilai jual dan kehidupan mereka,” papar dia.

Warga yang terlibat dalam proyek akan magang di universitas untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan mereka.

Kegiatan open house ini juga dihadiri Rektor Universitas Kristen Duta Wacana Henry Feriadi dan pengasuh Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Benny Susanto serta Pendeta Universitas UKDW Pdt Nani Minarni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement