Gempa Bekekuatan 5 SR Landa Gunungkidul, Masyarakat Diminta Tenang

Ilustrasi gempa bumi. - IST/Liputan6.com
23 Mei 2018 11:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Gempa berkekuatan lima skala richter (SR) mengguncang pantai selatan DIY pada Rabu (23/5/2018) dini hari tadi.

Menurut informasi dari Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa tektonik itu terjadi pada pukul 02.38 WIB. Titik pusat berada di 9.43 LS 110.52 BT, tepatnya 153 kilometer Barat Daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Gempa bumi ini terpantau dirasakan di kawasan Kabupaten Pacitan, Wonogiri, Gunungkidul, dan Bantul.

Gempa ini diduga disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia. Hingga pukul 04.38 WIB, hasil monitoring BMKG, terjadi dua aktivitas gempa susulan (aftershock) berskala kecil.

Kepala BPBD Gunungkidul Edy Basuki membenarkan adanya laporan terjadinya gempa tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada laporan adanya korban maupun kerusakan akibat gempa.

“Sampai saat ini tidak ada laporan kerusakan. Dan ini tidak sampai menimbulkan akibat buruk termasuk tsunami, meski berkategori gempa bumi dangkal,” jelas Edy, Rabu.

Edy meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang. Selain itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh kabar yang belum bisa jelas kebenarannya.

“Dari pemerintah akan menginformasikannya secara resmi,” ujarnya.

Adplus Tokopedia