Advertisement

Raup Rp2,6 Miliar, Pemkab Gunungkidul Klaim Retribusi Wisata Aman dari Kebocoran

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 23 Juni 2018 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
Raup Rp2,6 Miliar, Pemkab Gunungkidul Klaim Retribusi Wisata Aman dari Kebocoran Bupati Gunungkidul, Badingah saat menyapa para wisatawan di Pos retribusi pantai selatan, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Minggu (17/6/2018). - Harian Jogja/ Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul mengklaim tidak ada kebocoran retribusi selama libur Lebaran. Ia mengatakan hal ini merupakan komitmen dari awal untuk mencegah kebocoran.

Ia mengatakan dengan dilibatkannya langsung Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinpar Gunungkidul tidak mengambil libur dan bergantian membantu menjaga retribusi dan melayani wisatawan. “Kami juga dibantu Tenaga Harian Lepas [THL] jadi saat libur, pegawai tidak libur,” kata Kepala Dinpar, Gunungkidul, Asti Wijayanti, Jumat (22/6/2018).

Advertisement

Tidak adanya kebocoran ini juga berdampak baik pada target Dinpar Gunungkidul. Selain itu momentum durasi libur Lebaran juga berpengaruh, dibanding tahun lalu. Dengan lama libur yang lebih panjang, membuat wisatawan tidak terlalu menumpuk, sehingga lebih terkontrol.

Bupati Gunungkidul, Badingah juga mengapresiasi pengelolaan pos retribusi wisata terkhusus di kawasan pantai selatan Gunungkidul. Ia yang juga terjun langsung pada H+3 lebaran, menilai pelayanan retribusi semakin baik.

“Harapan saya kedepan kerja pos retribusi semakin baik, hal ini untuk mengantisipasi adanya kemungkinan pelayanan kurang maksimal, sehingga tidak memuaskan wisatawan,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) utama, Pantai Baron Supardi mengatakan pihak petugas TPR berkomitmen mencegah terjadinya kebocoran di TPR. “Kalau dari pihak kami ya sebisa mungkin mencegah kebocoran, karena juga sudah ada pengawasan langsung dar Dinpar Gunungkidul, dan CCTV,” ujar Supardi.

Adapun hingga H+6 Lebaran atau Kamis (21/6/2018) jumlah kunjungan wisatawan di Gunungkidul mencapai 336.421 dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp2,6 miliar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement