Advertisement

Ini Dia Ketua DPRD Gunungkidul yang Baru

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 18 Juli 2018 - 00:50 WIB
Bhekti Suryani
Ini Dia Ketua DPRD Gunungkidul yang Baru Ilustrasi DPRD

Advertisement

Harianjogja.com,GUNUNGKIDUL- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Gunungkidul mengumumkan secra resmi pengganti Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno.

Setelah mendaftarkan Bacaleg PDIP ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih menyatakan nama Dhemas Kursiswanto sebagai pengganti Suharno.

Advertisement

Ia mengatakan penggantian tersebut sebagai jawaban atas surat yang dilayangkan oleh Suharno pada Minggu (8/7/2018). Surat itu berisi pengunduran diri Suharno dari anggota PDIP Gunungkidul, dan Bacaleg PDIP.

"Segera diusulkan Pergantian Antar Waktu [PAW]. Kami segera melakukan rapat Pleno pada Senin (9/7/2018). Dewan Pimpinan Pusat [DPP] melakukan langkah-langkah cepat, tegas dan konstitusional dengan menerbitkan surat ketetapan pada Kamis (12/7/2018) yang ditandatangani DPP," ujar Endah, Selasa (17/7/2018).

Setelah adanya surat tersebut terjadi pula perubahan struktur, untuk kepentingan pendaftaran Pemilu juga. Diantaranya Wahyu Ade Pradana sebagai wakil ketua bidang pemenangan Pemilu.

"Surat pertama adalah permohonan penyempurnaan struktur sebagai syarat mendaftar Pemilu, kedua untuk segera diproses PAW yang ditunjuk dan ditetapkan DPP yaitu Bernadus Dwi Winasto," katanya.

Dipilihnya Bernadus tersebut karena di UU Pemilu suara terbanyak setelah yang bersangkutan. Ia menempati posisi lima di Dapil 1 saat itu, dari empat yang diambil.

Adapun surat ketiga yaitu mengenai pergantian jabatan lowong Ketua DPRD Gunungkidul, dan yang menjadi jawaban dari DPP adalah Dhemas Kursiswanto.

Setelah ini Endah mengatakan menginstruksikan fraksi untuk segera diproses melalui Paripurna fraksi DPRD Gunungkidul. Keputusan penunjukan Dhemas tersebut mutlak keputusan DPP. "DPP menggunakan kinerja fraksi tentunya untuk memutuskan. Tetapi kebutulan juga suara terbanyak, tapi itu pada dasarnya keputusan DPP," ujarnya.

Sementara itu Dhemas mengaku siap dan akan bekerja secara maksimal. "Siap menjalankan tugas-tugas yang ada, kaitannya tentang pengawasan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement