Advertisement

Dihantam Gelombang Tinggi, 3 Kecamatan Ini Malah Terancam Kesulitan Air Bersih

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 20 Juli 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Dihantam Gelombang Tinggi, 3 Kecamatan Ini Malah Terancam Kesulitan Air Bersih Wisatawan berlarian saat gelombang tinggi menerjang di Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Jumat (20/7/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tak hanya kerusakan bangunan fisik, gelombang tinggi juga berdampak lain bagi beberapa kecamatan di Gunungkidul. Setidaknya tiga kecamatan terancam kesulitan air bersih menyusul putusnya pipa PDAM di Pantai Baron akibat kikisan ombak.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan akibat gelombang tinggi yang terjadi pada Kamis (19/7) pasir dan batu disekitaran cor beton yang menutup pipa terkikis. "Kemarin memang terkikis yang menutup pipa ini jika ada gelombang tinggi bisa jadi semakin parah kikisannya dan bisa membuat pipa patah," kata Marjono, Jumat (20/7/2018).

Advertisement

Ketiga kecamatan yang terancam kesulitan air bersih itu, kata dia, masing-masing adalah Tanjungsari, Saptosari, Paliyan. Bahkan tidak menutup kemungkinan beberapa kecamatan di sekitarnya, seperti Panggang dan Purwosari. Sebagai antisipasi sementara karena gelombang diprediksi masih akan tinggi hingga Selasa (24/7/2018) Tim SAR menutup sementara di sekitar pipa dengan karung pasir.

Direktur PDAM Tirta Handayani, Isnawan Febriyanto saat berada di lokasi Pantai Baron mengatakan untuk sementara tim dari PDAM dan SAR bergotong royong menutup sementara area sekitar pipa. "Semalam sudah dapat laporan terkait pipa yang terancam ini. Namun karena masih gelombang tinggi jadi belum bisa ditutup cor. Nanti jika sudah surut baru kami perkuat cor," kata Isnawan.

Dia membenarkan jika pipa tersebut patah dimungkinkan bisa menyebabkan tiga Kecamatan kesulitan air, seperti wilayah Tanjungsari, Paliyan, dan Saptosari. Namun menurutnya untuk kondisi saat ini masih belum ada yang pecah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement