Tampilkan 5 Tradisi, Festival Upacara Adat DIY Digelar di Kulonprogo

Warga saat pawai keliling dusun dalam acara Kirab Budaya Merah Putih di Dusun Kuwon, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Minggu (22/4/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan
20 Juli 2018 18:37 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kabupaten Kulonprogo ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Upacara Adat 2018 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Festival tersebut akan dilangsungkan pada Minggu (22/7/2018).

Kepala Bidang Adat dan Seni Tradisi Dinas Kebudayaan DIY,  Setyawan Sahli mengungkapkan, kegiatan yang akan dilangsungkan di Alun-alun Wates itu diikuti oleh empat kabupaten dan satu kotamadya di DIY yang akan menampilkan upacara adat unggulan masing-masing.

Festival tersebut ditujukan menjadi sarana melestarikan budaya Jawa dan memperkenalkan beragam upacara adat yang ada di DIY kepada masyarakat.

"Festival tersebut akan mengambil rute dari UNY Kampus Wates menuju ke barat, melewati Jalan Bhayangkara dan berakhir di Alun-alun Wates," kata dia, di sela rapat koordinasi di ruang rapat Disbud Kulonprogo, Kamis (19/7/2018).

Dalam festival tersebut, lebih kurang 500 peserta dari lima wilayah di DIY akan turut berpartisipasi. Kontingen Kulonprogo akan menampilkan Kembul Sewu Dulur, Kabupaten Bantul akan memampilkan Upacara Gilanglipuro, Kabupaten Gunungkidul menampilkan Upacara Watu Mante.

Sementara itu Upacara Bakdo Kupat akan ditampilkan oleh kontingen Kota Jogja dan Kabupaten Sleman akan menampilkan Upacara Wiwit Agung.

Setyawan berharap, festival tersebut bisa membuat upacara adat yang dimiliki oleh Provinsi DIY lebih dikenal oleh masyarakat luas, dapat tampil serta berkompetisi di luar kota.

Ad Tokopedia