Advertisement

Disediakan untuk Warga Terdampak Bandara, 8 Kamar Rusunawa Triharjo belum Ditempati

Uli Febriarni
Selasa, 24 Juli 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Disediakan untuk Warga Terdampak Bandara, 8 Kamar Rusunawa Triharjo belum Ditempati Sejumlah barang milik warga penolak NYIA sudah berada di aula rusunawa Triharjo Wates, sejak Kamis (19/7/2018), Senin (23/7/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sejumlah barang warga terdampak New Yogyakarta International Airport (NYIA) masih tersimpan di aula Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Triharjo, Dusun Tambak, Desa Triharjo, Wates, Senin (23/7/2018). Kendati demikian, barang tersebut ada yang sudah diambil untuk diantarkan ke rumah kerabat mereka.

Pengelola Rusunawa Triharjo, Sutarto mengatakan, pihaknya sudah dihubungi Angkasa Pura I (AP I) pada Rabu (18/7/2018) agar menyiapkan ruangan yang akan digunakan oleh warga penolak. Selain itu, sedikitnya ada tujuh unit truk datang ke rusunawa sejak masa relokasi warga dari lahan Izin Penetapan Lahan (IPL) NYIA pada Kamis (19/7/2018).

Advertisement

Barang-barang tersebut diletakkan di ruangan aula rusunawa yang terdapat di lantai satu rusunawa, baik di blok A maupun blok B. Selanjutnya, kunci ruangan tempat menyimpan barang warga terdampak itu, dibawa oleh pihak AP I. Barang-barang yang tersimpan tersebut antara lain perabotan rumah tangga, peralatan pertanian, kandang ternak beserta hewan ternak dan lainnya.

"Tapi kemudian, pada Jumat [20/7/2018] pagi, kerabat atas nama Rejo Utomo mengambil barang yang sempat diinapkan, sudah sepengetahuan AP I. Katanya mau dipindahkan ke rumah saudaranya di Panjatan, saat itu ada barang mbak Ponirah yang juga dititipkan untuk turut dibawa, payung mutho, tapi orangnya tidak ke sini," kata dia, Senin.

Menurut Sutarto, ada delapan kamar harus ia siapkan diperuntukkan bagi warga penolak NYIA paska relokasi. Delapan kamar ini berada di lantai empat, kamar-kamar yang telah dilengkapi fasilitas jaringan air dan listrik ini belum ditempati hingga hari ini.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, masih ada sejumlah warga penolak NYIA tinggal di atas IPL NYIA dengan cara mendirikan tenda, sejak Minggu (22/7/2018). Salah seorang warga penolak NYIA, Sutrisno mengungkapkan, warga berusaha untuk tetap bertahan, tak ingin pergi dari tanahnya sendiri.

Warga juga masih akan menggarap kembali lahan, kendati sudah dirusak alat berat. Warga tidak tertarik menempati rumah kontrak sementara yang ditawarkan AP I. Sehingga, sejak relokasi pada Kamis, warga berbagi dan bekerjasama memenuhi kebutuhan harian. Ada donasi yang masuk dari pihak lain, seperti sembako dan pemeriksaan kesehatan.

Ia masih belum tahu sampai kapan warga akan bertahan, apalagi di antara mereka sudah kehilangan aset rumah, lahan pertanian paska terdampak NYIA. Hingga saat ini, mereka masih menolak mencairkan dana kompensasi pembebasan lahan yang dititipkan di Pengadilan Negeri Wates karena berbagai alasan.

"Saya tidak bisa jawab sampai kapan di sini. Keinginan kami pastinya AP I hengkang dan pembangunan bandara batal," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement