BMKG Cilacap Prediksi Ombak Tinggi, Ini Kata SAR Gunungkidul

Ilustrasi bangunan rusak akibat hantaman gelombang tinggi di perairan Gunungkidul. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
09 Agustus 2018 15:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul memastikan dalam beberapa hari ke depan perairan Gunungkidul aman.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan tinggi ombak untuk hari ini mencapai 30 sentimeter dan angin yang berhembus dari pantaunya juga tidak kencang. "Dari kemarin [Rabu, 8/8/2018] hingga hari ini aman, ombak landai, nelayan khususnya yang ada di Pantai Baron juga sudah beraktivitas seperti biasa," kata Marjono kepada Harianjogja.com, Kamis (9/8).

Marjono memastikan dalam beberapa hari ke depan kondisi aman ini akan terus berlangsung. "Dari prediksi kami semuanya akan aman dan terkendali mengingat ombak saat ini justru seperti telaga yang tenang," ujar dia.

Pernyataan Marjono ini sekaligus menjawab rilis dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap terkait dengan peringatan dini gelombang tinggi yang menyasar perairan selatan Jawa yang berlaku pada 6-9 Agustus mendatang.

Dalam rilis tersebut menjelaskan tinggi gelombang mencapai 6 meter dan menyasar empat wilayah, meliputi perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo dan DIY.