Advertisement

Gameloft Jogja Kenalkan Bagaimana Kreativitas Menciptakan Game

Rheisnayu Cyntara
Jum'at, 05 Oktober 2018 - 23:50 WIB
Bhekti Suryani
Gameloft Jogja Kenalkan Bagaimana Kreativitas Menciptakan Game Pengunjung tengah menjajal aktivitas di departemen Game Tester. - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Perusahaan gim Gameloft menyelelenggarakan open house bertajuk "Inside Gameloft 2018" pada 4-5 Oktober. Acara rutin tahunan yang telah diselenggarakan sejak 2016 ini, kini dikemas secara lebih interaktif. Para pengunjung bisa menjajal pekerjaan beberapa departemen yang dihadirkan dalam acara yang terbuka untuk umum ini.

Communication Specialist PT Gameloft Indonesia, Asteria Rani mengatakan sebagai ajang mengenalkan game developer ini kepada masyarakat, konsep eksibisi dilengkapi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih interaktif.

Advertisement

Dari lima departemen yang ada yakni Producer, Programmer, Game Designer, Game Tester dan Graphic Artist semuanya menyediakan aktivitas yang langsung bisa dicoba oleh pengunjung.

Misalnya departemen Graphic Artist mempunyai kegiatan "On The Spot Drawing". Jika memang hasilnya memuaskan dan sesuai standar yang ditetapkan, maka pengunjung akan mendapatkan tiket workshop yang akan diadakan dalsm waktu dekat. Begitu pula dengan departemen programmer yang mengadakan coding challenge.

Khusus untuk departemen Game Tester, ada sesi khusus bagi pelamar kerja yang diuji melalui simulasi mencari bug dalam gim. Jika berhasil lolos maka pelamar akan menjalani sesi wawancara langsung di hari yang sama. Menurut Rani hal itu berbeda dengan tahun sebelumnya ketika pelamar kerja hanya menyampaikan lamaran/cv saja. "Salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini memang sebagai job fair. Pelamar bisa datang langsung menyerahkan cv dan menjalani sesi simulasi," katanya, Jumat (5/10/2018).

Namun demikian Rani menekankan ada tujuan yang lebih besar lewat penyelenggaraan Inside Gameloft 2018. Yakni untuk memperkenalkan salah satu perusahaan game developer ini pada masyarakat luas. Masyarakat yang hadir bisa menyaksikan langsung bagaimana proses karyawan Gameloft menyusun ide dan kreativitas untuk menciptakan sebuah gim. Bahkan mereka bisa mencoba beberapa aktivitas yang telah disediakan oleh masing-masing departemen. Baik secara individu maupu kelompok.

Tak hanya berupa eksibisi, Inside Gameloft 2018 juga mengadakan seminar dengan topik-topik yang terkait dengan idustri gim. Yakni topik Problem Solving for Millenials, Producership, Introduction to Game Designer, dan QA: Behind the Dream Job of QA. Topik-topik seminar tersebut dianggap penting diketahui oleh masyarakat, terutama mereka yang ingin terjun ke dunia IT dan game industry. Selain itu, Rani menyebut ada berbagai aktivitas hiburan yang disediakan di fun corner. "Kami juga sediakan HR corner di mana pengunjung bisa tanya langsung tentang pekerjaan yang diminatinya atau bahkan benefit bergabung dengan Gameloft," ucapnya.

Rani menambahkan antusiasme masyarakat untuk hadir pada Inside Gameloft 2018 makin meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini saja, pengunjung yang terdaftar melalui registrasi mencapai 1.200 orang dari jumlah yang ditargetkan yakni 1.000 orang. Belum lagi mereka yang datang on the spot, tanpa melakukan registrasi sebelumnya.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, masyarakat makin paham bagaimana sebuah perusahaan game developer dijalankan. Semoga mereka mendapatkan insight, wawasan baru dengan datang ke sini. Apalagi yang datang tidak hanya kolektif dari sekolah dan kampus saja tetapi juga masyarakat umum yang tertarik akan industri ini," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement