Advertisement

Ini Fasilitas Wisata Gunungkidul yang Dianggap Perlu Pembenahan

David Kurniawan & Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 04 Desember 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Ini Fasilitas Wisata Gunungkidul yang Dianggap Perlu Pembenahan Pantai Krakal, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Wakil Ketua Komisi B DPRD Gunungkidul Edi Susilo mengatakan untuk memaksimalkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata, pemkab harus mengoptimalkan potensi di destinasi wisata.

Optimalisasi dapat dilakukan dengan pembenahan sarana dan prasarana pendukung hingga melengkapi wahana bermain di setiap objek. “Potensi wisata di Gunungkidul sangat banyak, tapi keberadaannya belum dioptimalkan dengan baik,” katanya, Senin (3/12/2018).

Menurut dia, dengan memaksimalkan potensi wisata, maka retribusi PAD dapat meningkat. Selain itu, untuk menekan kebocoran, Edi juga memberikan solusi agar pengelolaan dipihakketigakan.

“Kalau pihak ketiga pendapatan bisa lebih optimal karena pemkab tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk gaji petugas hingga pengadaan tiket retribusi,” imbuhnya.

Anggota Komisi C DPRD Gunungkidul, Eko Rustanto mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu dibenahi untuk mendukung kawasan pariwisata saat ini.

"Jangan mudah puas dengan pencapaian sekarang di sektor wisata. Ada hal yang perlu ditingkatkan, salah satunya infrastruktur jalan menuju kawasan wisata," ujar Eko.

Eko mencontohkan akses jalan utama menuju Pantai Baron, yang saat ini dinilai masih sangat sempit, harus segera dilebarkan demi kenyamanan wisatawan.

"Pemkab harus menganggarkan untuk perbaikan infrastruktur itu. Jangan membuat kecewa wisatawan yang datang, kalau sudah sekali datang kecewa karena macet contohnya. Ya mereka tidak datang lagi," ujar ketua Fraksi Demokrat itu.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement