Advertisement

Satu Wisatawan Luka karena Terjatuh dari Tangga di Pantai Siung, Dispar Minta Spot Foto Ditutup Sementara

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 13 April 2024 - 17:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Satu Wisatawan Luka karena Terjatuh dari Tangga di Pantai Siung, Dispar Minta Spot Foto Ditutup Sementara Sebuah tangga bambu menuju spot foto di Pantai Siung, Kalurahan Purwodadi, Tepus, Gunungkidul jembol pada Kamis (11/4/2024). Kejadian tersebut menyebabkan satu wisatawan asal Jakarta terluka. Istimewa - Wisatawan Juna

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan tangga di spot foto Pantai Siung, Padukuhan Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul jebol pada Kamis (11/4/2024) pukul 10.00 WIB. Tangga yang jebol tersebut mengakibatkan satu wisatawan asal Jakarta bernama Bayu, 19, terjatuh dan mengalami luka lecet dan lebam.

Kabid Pengembangan Destinasi Dispar Gunungkidul, Supriyanta mengatakan pascakejadian, korban tidak ingin dibawa ke puskesmas. Hanya, korban merasa tidak perlu menjalani pengobatan di puskesmas.

Advertisement

“Hanya korban memberi masukan kepada kami agar memperhatikan keamanan sarana dan prasarana di destinasi wisata. Kami berterima kasih atas masukan tersebut,” kata Supriyanta dihubungi, Sabtu (13/4/2024).

Baca Juga

Sudah Dua Hari, Koki Solo yang Hilang di Pantai Siung Gunungkidul Belum Ditemukan

Diterjang Tanah Longsor, Akses Jalan ke Pantai Siung Terputus

Berdiri di Batu Karang, Wisatawan Jogja Terseret Ombak Pantai Siung

Supriyanta menambahkan spot foto tersebut dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat. Dispar juga telah meminta Pokdarwis untuk menutup spot foto tersebut sementara sampai ada perbaikan.

Dia mengaku Dispar memiliki kendala monitoring karena beberapa spot foto dan jasa lain dikelola Pokdarwis. Khusus untuk tangga bambu, dia mengatakan tidak ada uji kekuatan tangga tersebut.

Dispar juga telah menerbitkan surat edaran (SE) tentang penyelenggaraan kegiatan wisata pada saat libur dan cuti bersama hari raya Idulfitri 1445H di Gunungkidul. Poin kedua dalam SE tersebut dengan tegas menyatakan agar pemangkut kepentingan pariwisata memastikan destinasi wisata dan usaha jasa pariwisata akan kebersihan, kesehatan, keindahan, dan keamanan wisatawan.

“Penyelenggaraan atraksi wisata yang dikelola pengelola wisata perlu dicek kembali agar tidak mengancam keselamatan wisatawan,” katanya.

Supriyanta mengatakan tangga bambu tersebut sebelumnya dalam kondisi baik. Dia mengaku heran ada wisatawan yang jatuh setelah jembatan bambu tersebut jebol. Meski begitu, dia menduga bambu tersebut lapuk dan tidak kuat menahan beban.

Sementara, Paman Bayu Bernama Juna menceritakan Bayu jatuh dari tangga tersebut dari ketinggian 5 meter. Selain ponakannya, ada satu pemandu yang juga terjatuh.

Beruntung, luka yang diderita Bayu dan pemandu tidak begitu parah karena kondisi air laut sedang pasang. Dengan begitu, kedua orang tersebut tidak langsung menghantam batuan. Juna menyarankan agar spot yang tidak layak tersebut ditutup.

“Sebagian bambu pasti sudah lapuk soalnya bambu ambrol setelah ponakan saya melintas. Saya sempat marah. Saya minta spot itu ditutup. Tidak lama kemudian, spot itu dipasangi jaring di pintu masuknya,” kata Juna.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement