Advertisement

Wow...Pajak Kendaraan di Gunungkidul Tembus Rp96 Miliar

David Kurniawan
Sabtu, 15 Desember 2018 - 14:50 WIB
Bhekti Suryani
Wow...Pajak Kendaraan di Gunungkidul Tembus Rp96 Miliar Ilustrasi pajak - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kantor Pelayanan Pajak Daerah Gunungkidul hingga pertengahan Desember telah menerima pajak kendaraan bermotor dari masyarakat sebesar Rp96 miliar. Jumlah ini telah melebihi target karena penerimaan hanya dipatok sebesar Rp91 miliar.

Kepala Seksi Pendaftaran dan Penetapan, KPPD Gunungkidul Singgih Margono mengatakan, tingkat kepatuhan pajak kendaraan di Gunungkidul sangat tinggi yang mencapai 92%. Hal ini pun berdampak terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor.

Advertisement

Menurut dia, di 2018, KPPD ditargetkan menerima pembayaran pajak sebesar Rp91 miliar. Namun hingga pertengahan Desember, target tersebut telah terlampaui karena penerimaan mencapai Rp96 miliar. “Kita sudah over target. Mudah-mudahan hingga akhir tahun penerimaan bisa menembus Rp100 miliar,” kata Singgih kepada wartawan, Jumat (14/12/2018).

Dia menjelaskan, selain tingkat kepatuhan yang tinggi, jumlah penerimaan pajak juga sangat terbantu dengan layanan pembayaran yang semakin mudah. Hingga saat ini, KPPD memiliki sembilan layanan pembayaran yang tersebar di seluruh wilayah Gunungkidul. selain itu, setiap malam di Sambipitu, Kecamatan Patuk juga dibuka loket pembayaran khusus. “Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar pajak karena lokasinya sudah sangat terjangkau,” ungkapnya.

Meski telah memenuhi target pendapatan, sambung Singgih, KPPD terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tepat membayar pajak. Menurut dia, apabila ada keterlambatan, wajib pajak akan dikenakan denda sebesar 25% dan tambahan 2% setiap bulannya jika pajak tetap tidak dilunasi. “Jadi semakin lama tidak dibayar, maka dendanya jadi tinggi. Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraan bermotor,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jakarta 2024, Demokrat Bakal Calonkan Dede Yusuf

News
| Jum'at, 19 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement