Advertisement

Jaring Atlet Muda Berbakat, PTMSI DIY Gelar Kejurda

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 16 Desember 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jaring Atlet Muda Berbakat, PTMSI DIY Gelar Kejurda Ilustrasi tenis meja - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) DIY bakal menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tenis Meja 2018 di Gor Amongrogo, Kota Jogja, 26-27 Desember 2018. Kejurda ini menjadi ajang untuk mencari bibit-bibit muda berbakat yang kemudian dibina guna mengikuti ajang kejuaraan nasional.

"Selain mendapatkan hadiah dan trofi, atlet pemenang akan diinventarisasi berdasar kelas dan umur untuk kemudian dibina. Yang terbaik dan layak mewakili DIY akan dikirimkan dalam kejurnas," kata Ketua Panitia Kejurda Tenis Meja PTMSI DIY 2018, Sofyan Daryana, saat jumpa pers di ruang Samsat Kulonprogo, Wates, Sabtu (15/12/2018).

Advertisement

Dalam upaya pencarian atlet muda berbakat PTMSI DIY menjalin kerja sama dengan dinas pendidikan di masing-masing kabupaten/kota melalui Popda dan O2SN. "Jadi kami tidak sendiri, ada juga Disdikpora yang menyeleksi pelajar berprestasi di bidang tenis meja," ujarnya.

Sofyan mengatakan kejurda bakal mempertandingkan lima kategori nomor berdasarkan usia, yakni kelompok pemula berusia 12, kadet usia 15, junior usia 18, umum dan veteran untuk peserta berusia 45 ke atas. "Pendaftaran sampai 22 Desember dan tidak dipungut biaya," ucapnya.

Ketua Umum Pengda PTMSI DIY, Bagiya Rakhmadi, mengatakan nomor veteran merupakan kategori baru yang diikutsertakan dalam kejurda tahun ini. Alasan memasukkan kategori itu untuk mengakomodasi pegiat tenis meja senior agar memiliki lawan yang berimbang.

"Kalau tahun lalu yang veterang masuk kategori umum, itu malah dikeluhkan karena mereka yang usianya sudah di atas 45 harus bertanding dengan atlet berusia di bawah itu, sehingga tak imbang karena dari segi fisik sudah kalah," ucapnya.

Bagiya berharap dengan adanya kejurda ini bisa meningkatkan prestasi tenis meja DIY. Selain melalui kejurda, upaya lain untuk meningkatkan prestasi dengan mendorong para pelatih dan wasit tenis meja di DIY agar bersertifikat International Table Tennis Federation (ITTF). "Pada 17 sampai 21 Desember 2018 kami menugaskan mereka untuk mengikuti coaching course yang diselenggarakan PP PTMSI Pusat agar mendapat sertifikat ITTF," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement