Advertisement

Bupati Kulonprogo Serukan Pencegahan Bahaya Narkoba

Selasa, 18 Juni 2013 - 13:07 WIB
Maya Herawati
Bupati Kulonprogo Serukan Pencegahan Bahaya Narkoba

Advertisement

[caption id="attachment_416975" align="alignleft" width="150"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/18/bupati-kulonprogo-serukan-pencegahan-bahaya-narkoba-416968/narkoba-pengguna-ilustrasi-reuters-4" rel="attachment wp-att-416975">http://images.harianjogja.com/2013/06/narkoba-pengguna-ilustrasi-reuters1-150x150.jpg" alt="" width="150" height="150" /> Foto Ilustrasi[/caption]

KULONPROGO-Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan upaya pencegahan dini terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba mutlak diperlukan. Hal itu diungkapkan Hasto dalam momentum peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni 2013 mendatang.

Advertisement

“Melihat dari dampak yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba tersebut, maka hal yang paling utama untuk dilakukan adalah tindakan preemtif (edukatif) dan preventif [pencegahan]. Tindakan edukatif dilakukan dengan tujuan menghilangkan faktor peluang dan pendorong pengkonsumsian narkoba oleh masyarakat,” kata Hasto Selasa (18/6/2013).

Namun menurut dia, tindakan represif (penegakan hukum terhadap penyalahgunaan yang sudah terjadi) juga tetap harus digalakkan.Penanggulangan tersebut menjadi kewajiban masyarakat antara lain.

Peningkatan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui pendidikan dan pengamalan agama, baik di dalam keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat; melakukan sosialisasi Undang-Undang Narkotika dan Undang-Undang Psikotropika serta peraturan lain yang sejenis; melakukan penyuluhan-penyuluhan mengenai bahaya narkoba dari sisi medis; serta perbanyak melakukan kegiatan positif sehingga akan mengurangi kesempatan untuk terpengaruh hal-hal negatif.

“Begitu banyaknya dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba tentunya akan membuat generasi muda berpikir positif untuk menghindar dan bagi yang telah terlanjur ada dalam lingkungan negatif tersebut berusaha kuat untuk meninggalkan. Say No To Drugs harus semakin ditanamkan dalam hati para generasi muda, dan masyarakat pada umumnya,” pinta Hasto.?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement