KMS 2015 : Penetapan Minggu Depan

JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoSejumlah calon peserta didik baru tahun ajaran 2012-2013 jalur Kartu Menuju Sejahtera (KMS) mendaftarkan diri di SMP Negeri 15 Yogyakarta, Senin (25 - 6). Dengan daya tampung 340 siswa baru, sekolah ini menyediakan kuota 134 siswa melalui jalur KMS. Pendaftaran peserta didik baru melalui jalur KMS diselenggarakan selam dua hari pada 25/26 Juni 2012.
02 Januari 2015 23:20 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

KMS 2015 direncanakan akan ditetapkan pada minggu depan.

Harianjogja.com, JOGJA - Penetapan warga Kota Jogja yang akan menjadi penerima kartu menuju sejahtera 2015 melalui Surat Keputusan Walikota Jogja ditargetkan dapat dilakukan pekan depan.

"Saat ini, penetapan penerima kartu menuju sejahtera (KMS) 2015 masih berproses dan kami terus melakukan pengawalan," kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja Hadi Muchtar, Jumat (2/1/2015).

Menurut Hadi, ia sudah menandatangani rancangan penerima KMS 2015. Namun sebelum ditetapkan oleh wali kota, rancangan tersebut harus diteliti kembali oleh asisten sekretaris daerah yang membidangi dan Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Jogja.

"Jika ada hal-hal yang kurang jelas, tentu kami akan dipanggil untuk menjelaskannya. Seluruh proses harus dilakukan dengan teliti agar penerima KMS adalah warga yang benar-benar berhak," kata Hadi.

Setelah melalui berbagai proses itu, Hadi berharap rancangan penerima KMS 2015 tersebut sudah dapat diterima dan kemudian ditetapkan oleh Walikota Jogja Haryadi Suyuti pada awal pekan depan.

Usai ditetapkan melalui surat keputusan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi kemudian akan melakukan pencetakan kartu dan distribusi kartu ke penerima.

Pencetakan kartu ditargetkan dapat diselesaikan selama dua pekan dan kemudian disusul distribusi kartu ke wilayah pada pekan ketiga dan keempat Januari.

"Kami belum bisa memastikan apakah penerima KMS pada tahun ini berkurang atau bertambah. Namun, data yang nantinya disahkan adalah benar merupakan hasil verifikasi di lapangan, tidak ada data yang direkayasa," katanya.

Pada 2012, jumlah penerima KMS tercatat sebanyak 17.018 kepala keluarga (KK). Jumlah penerima naik menjadi 21.299 KK pada 2013 dan turun menjadi 20.481 KK pada tahun ini.

Dalam proses penetapan penerima KMS 2015, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menerima usulan penerima baru dari wilayah yaitu mencapai 4.962 KK.

Penerima KMS 2014 dan usulan dari masyarakat kemudian diverifikasi dan diujipublikkan sebelum diusulkan untuk ditetapkan sebagai penerima KMS 2015.

KMS tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengakses berbagai pelayanan dasar di antaranya pelayanan kesehatan dan pendidikan serta warga diprioritaskan untuk memperoleh bantuan dari pemerintah daerah.