BPJS KESEHATAN : Layanan BPJS Ditarget Ideal Tahun 2019

20 Januari 2015 04:20 WIB Bantul Share :

BPJS Kesehatan ditarget akan mencapai layanan ideal pada tahun 2019

Harianjogja.com, BANTUL- Kepala Layanan Operasional BPJS Bantul Sutarji mengakui program layanan kesehatan dari pemerintah yakni Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) masih terus disempurnakan hingga tahun 2019 mendatang.

Diakui Sutarji, banyak tempat praktek dokter di Bantul selama ini belum bisa bekerjasama dengan BPJS. Kondisi ini menyebabkan belum seimbangnya jumlah fasilitas kesehatan (faskes) dengan jumlah pertumbuhan masyarakat atau populasi masyarakat dalam setiap wilayah kecamatan.

“Tapi program BPJS ini akan berupaya bisa mencapai layanan ideal. Target 2019 nanti harus sudah bisa tercapai. Yakni tercapainya kesimbangan jumlah faskes dalam setiap wilayah kecamatan salah satunya jumlah dokter keluarga bertambah bermitra dengan BPJS,” katanya, baru-baru ini.

Sutarji menyambut baik kesediaan klinik atau dokter keluarga di Bantul pada bulan Februari nanti akan bertambah dalam menjalin kemitraan dengan pihak BPJS.

Dengan bertambahnya dokter keluarga yang mau kerjasama program pemerintah, otomatis akan semakin mendekatkan akses layanan kesehatan masyarakat lebih mudah terjangkau.

Pasien BPJS tidak hanya bisa menikmati layanan kesehatan faskes I di puskesmas melainkan bisa memilih klinik, balai pengobatan atau dokter keluarga yang sudah menjalin kerjasama melayani BPJS.

Sutarji menilai program BPJS harus terus dipahamkan masyarakat agar masyarakat semakin sadar akan layanan kesehatan dengan sistem gotong royong dan berjenjang yang menjadi aturan main.