Advertisement

HOTEL DI JOGJA : Eastparc Ajak Masyarakat Lestarikan Batik

Kusnul Isti Qomah
Kamis, 06 Oktober 2016 - 20:18 WIB
Nina Atmasari
HOTEL DI JOGJA : Eastparc Ajak Masyarakat Lestarikan Batik Peragaan busana batik di Eastparc Hotel, Jogja. (Kusnul Isti Qomah/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Hotel di Jogja, Eastparc Hotel mengajak warga melestarikan batik

Harianjogja.com, SLEMAN--Eastparc Hotel Jogja mengajak masyarakat mengenal dan melestarikan batik yang merupakan warisan budaya. Hotel bintang lima ini pun menghadirkan pergelaran busana batik untuk memperingati Hari Batik.

Advertisement

General Manager Eastparc Hotel Jogja Wahyudi Eko Sutoro mengatakan, batik telah menjadi budaya yang melekat pada masyarakat Indonesia. Saat ini, batik tetap menjadi ciri khas Indonesia yang semakin mendunia.

Bertepatan dengan Hari Batik yang dirayakan setiap 2 Oktober, Eastparc Hotel Jogja yang  bekerja sama dengan Paradise Batik mengadakan pergelaran busana batik Tradition Revolution.

Pada perayaan Hari Batik kali ini, Eastparc Hotel ingin mengajak masyarakat Jogja untuk lebih mengenal dan mencintai batik sebagai kekayaan budaya bangsa.

"Saat ini industri batik Indonesia cukup maju pesat dengan talenta-talenta desainer batik dari negeri sendiri. Hal seperti inilah yang perlu kita apresiasi bersama," kata dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (6/10/2016).

Ia mengatakan, tidak banyak orang yang tahu di balik setiap motif batik, terdapat makna yang tersirat didalamnya. Tren sedang berjalan sesuai pencarian identitas dan akar budaya secara serentak di seluruh dunia.

Proses ini tidak selalu berjalan dengan evolusi namun dengan revolusi sehingga lahirlah tema Tradition Revolution. Batik yang berevolusi seiring perubahan zaman sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan ini Paradise Batik menampilkan 20 baju dengan mengangkat tema tersebut yang tersirat pada perubahan-perubahan motif batik yang ditampilkan mengarah ke motif kontemporer namun masih melekat dengan nilai-nilai tradisi. Batik ditulis pada bahan sutera twis.

“Adanya pergelaran busana batik oleh Eastparc Hotel Jogja ini diharapkan dapat menjadi semangat baru bagi industri batik. Di sisi lain, masyarakat secara umum bisa mendapatkan edukasi mengenai batik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement