YU DJUM MENINGGAL : Sebelum Meninggal, Yu Djum Berangkatkan Karyawan Wisata ke Bandung

Sejumlah tetangga memandikan jenazah Djuhariah atau yang biasa dipanggil dengan nama Yu Djum. (Arief Wahyudi/JIBI - Harian Jogja)
16 November 2016 02:20 WIB Sleman Share :

Yu Djum, sang pelopor gudeg di Jogja meninggal dunia

Harianjogja.com, JOGJA- Duka mendalam dialami keluarga Almarhumah Djuwariah Suwandi Darmo Suwarno atau yang dikenal dengan Yu Djum, sang pencipta gudeg legendaris di Jogja. Tokoh gudeg legendaris di Jogja itu berpulang pada Senin (14/11/2016) petang lalu.

Baca juga : http://www.harianjogja.com/baca/2016/11/14/berita-duka-tokoh-fenomenal-gudeg-jogja-yu-djum-meninggal-768905">BERITA DUKA : Tokoh Fenomenal Gudeg Jogja “Yu Djum” Meninggal

Salah seorang cucu Yu Djum, Oki Sasono mengungkapkan sebelum kepergiannya, neneknya tersebut sempat memberikan kesempatan untuk keluarga dan karyawan berlibur ke Kota Bandung.

Meski dengan kondisi yang masih belum pulih, karena sejak Jumat (11/11/2016) siang Yu Djum dirawat di salah satu RS di Jogja karena kondisi kesehatannya menurun. Namun pada Minggu (13/11/2016) sore kesehatan Yu Djum berangsur membaik dan melepaskan rombongan keluarga dan Karyawannya untuk berlibur bersama ke Bandung.

Hingga akhirnya pada Senin (14/11/2016) petang keluarga di Jogja mengabarkan bahwa Yu Djum telah berpulang. Oki menuturkan, hal tersebut menurutnya menjadi firasat sekaligus pilihan yang paling baik bagi Yu Djum untuk berpisah.

“Saat disampaikan simbah sudah nggak ada, kami semua yang sedang di Bandung saat itu pikiran langsung nggak karuan. Kalau kami di Jogja kemungkinan suasana kesedihan di luar kontrol . Mungkin simbah nggak ingin kepergiannya menjadi duka yang terlalu mendalam bagi anak dan cucunya saat itu,” kata Oki, di rumah duka Dusun Karangasem Barek, Desa Catur Tunggal, Depok, .