RAZIA MAKANAN BANTUL : Banyak Beredar Barang Tak Layak Edar

22 Mei 2017 23:18 WIB Rheisnayu Cyntara Bantul Share :

Bungkusnya penyok, menggembung bahkan berlubang karena tikus

Harianjogja.com, BANTUL—Razia yang dilakukan tim gabungan dari Puskesmas Sedayu I, Polsek Sedayu, Koramil Sedayu dan Kecamatan Sedayu mendapati banyak makanan dan minuman yang tidak layak edar, misalnya bungkusnya penyok, menggembung bahkan berlubang karena tikus.

Ada juga makanan yang tidak ada tanggal kedaluwarsa serta isinya menggumpal. Tim gabungan tersebut dibagi dalam dua kelompok dan menyasar warung makanan, warung kelontong, swalayan baik yang berada di pinggir jalan ataupun di dalam kampung wilayah Desa Argomulyo dan Argosari yang memang menjadi cakupan wilayah kerja Puskesmas Sedayu I.

Pemilik warung, toko dan minimarket yang terjaring razia diberi saran dan himbauan agar barang dagangan tersebut tidak dipajang kembali di rak untuk diperdagangkan dan ditukar ke pemasok barang yang menjadi suplier mereka.

“Puskesmas sifatnya hanya imbauan kepada para pedagang di wilayah Sedayu agar hanya menjual makanan dan minuman yang layak bagi masyarakat saja,” kata Kepala Puskesmas Sedayu 1, Sistia Utami, seusai razia, Senin.

Panit I Binmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja mengatakan polisi siap untuk back up dan juga membantu Puskesmas guna pembinaan dan juga razia terhadap penjual makanan dan minuman termasuk swalayan. “Menjelang Ramadan dan Lebaran itu tingkat konsumsi meningkat, maka semua harus waspada dan teliti saat berbelanja,” ujarnya.