Advertisement

Tips Koperasi Sehat, Maksimalkan Jaringan

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 04 April 2018 - 12:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tips Koperasi Sehat, Maksimalkan Jaringan Ilustrasi koperasi.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 25 koperasi di Gunungkidul akan dibubarkan pada tahun ini. Pembubaran tinggal menunggu surat keputusan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Gunungkidul Ratna Madyaningtyas membeberkan sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar koperasi tetap hidup.

Advertisement

Salah satunya yakni membangun jaringan. Hal itu akan berguna terutama untuk koperasi yang mati suri alias tidak pernah menggelar rapat anggota tahunan (RAT) dua tahun berturut-turut. Jaringan yang bisa dimaksimalkan yakni jaringan antarkoperasi.

“Dalam peraturan [tentang koperasi] tidak dilarang antarkoperasi membangun jaringan. Jadi, silakan saja karena hal itu justru bagus. Bisa menjaga koperasi tetap menjadi soko guru perekonomian rakyat,” ungkapnya, Selasa (3/4).

Ratna mengaku ada beberapa koperasi yang bangkit dari mati suri setelah mendapat pembinaan dari dinasnya, yang memang bertanggung jawab memperbaiki koperasi sebelum dinyatakan ditutup. “Diperbaiki kinerjanya kemudian dibantu permodalannya. Dari situ, koperasi bisa sehat kembali,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement