Advertisement

Menghadapi Kekeringan, Segini Anggaran yang Disiapkan Pemkab Gunungkidul

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 11 Mei 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Menghadapi Kekeringan, Segini Anggaran yang Disiapkan Pemkab Gunungkidul Ilustrasi kemarau di ladang pertanian. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Menghadapi musim kemarau tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menyiapkan dana Rp638 juta untuk keperluan antisipasi kemungkinan bencana kekeringan.

“Dana itu bersumber dari APBD Gunungkidul, nantinya [dana] akan digunakan untuk penyediaan belanja barang dan jasa,” kata Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, Jumat (11/5/2018).

Advertisement

Penyediaan belanja barang dan jasa itu meliputi ketercukupan kebutuhan bahan bakar, membayar jasa sopir truk pengangkut air, dan kebutuhan administrasi lainnya. "Dana itu juga bisa digunakan untuk menyuplai 3.200 tanki air nantinya," katanya.

Disinggung soal kemungkinan kurangnya anggaran, menurut Edy hal itu tergantung lamanya kemarau. Dia mengungkapkan melihat tahun sebelumnya, dana yang ada dirasa cukup untuk penanggulangan kekeringan.

"Saya rasa ini cukup, karena 2017 lalu kami menyuplai lebih dari 100 dusun. Masing-masing dusun angka kasarnya mendapatkan 32 tanki air. Sehingga bisa dibilang aman," ujarnya.

Selain anggaran, BPBD Gunungkidul diakuinya juga telah menyiapkan tujuh armada yang biasa digunakan untuk melakukan pengedropan air. Adapun kini pengecekan armada dilakukan rutin dan dipastikan akan siap setiap saat jika digunakan.

Untuk itu, koordinasi dengan kecamatan dan desa dirasa perlu sebagai langkah pemetaan untuk mengetahui daerah yang kemungkinan akan terdampak kekeringan. "Minggu depan kemungkinan hari Selasa dan Rabu kami mulai koordinasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement