Advertisement

UPN Buka Seleksi Rektor Bagi Dosen PNS Seluruh Indonesia

Sunartono
Selasa, 29 Mei 2018 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
UPN Buka Seleksi Rektor Bagi Dosen PNS Seluruh Indonesia Ketua Senat UPN Veteran Yogyakarta Profesor Sutanto (kanan) menandatangani rincian isi persyaratan pendaftaran Balon Rektor saat acara sosialisasi, Senin (28/5/2018). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta melakukan penjaringan bakal calon (balon) Rektor yang akan menduduki jabatan periode 2018 - 2022. Panitia membuka kesempatan bagi dosen berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh PTN di Indonesia untuk mendaftar menjadi balon Rektor UPN Veteran.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UPN Veteran Yogyakarta Ramli Sitanggang menegaskan, terbukanya balon rektor dari dosen PNS berbagai PTN di Indonesia itu mendasar pada Permenristekdikti No.19/2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpian PTN.

Pihaknya sudah menetapkan 17 syarat mengikuti penjaringan, salah satunya memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen jenjang akademik lektor kepala dan bergelar doktor. Oleh karena itu berbagai persyaratan tersebut telah disosialisasikan ke sejumlah PTN di Indonesia seperti melalui website PTN lain.

"Kami membuka kesempatan kepada dosen akademisi di seluruh PTN di Indonesia terutama yang pernah menduduki jabatan fungsional bisa ikut mendaftar sebagai balon Rektor UPN," ungkapnya dalam Sosialisasi Penjaringan Balon Rektor UPN Veteran Yogyakarta Periode 2018-2022 di Ruang Seminar Fakultas Teknologi Mineral, Senin (28/5/2018).

Ia menambahkan, calon tersebut bisa berasal dari luar DIY, namun setelah menjabat diharapkan tinggal di DIY untuk memudahkan menjalankan tugas jabatan. Pendaftaran saat ini sudah dibuka dan akan ditutup pada 8 Juni 2018.

Jika tahap penjaringan pendaftar kurang dari empat orang, maka akan dilakukan perpanjangan pada 25 Juni 2018 dan ditutup pada 5 Juli 2018. Seleksi administrasi akan dilakukan pada 25 sampai 26 Juni 2018 jika tidak ada perpanjangan pendaftaran. Tetapi jika menggunakan perpanjangan, seleksi administrasi akan digelar 6 sampai 7 Juni 2018.

"Penyerahan nama balon Rektor UPN Veterangan Yogyakarta ke senat universitas akan dilakukan pada 9 Juli 2018," imbuhnya.

Ketua Senat UPN Veteran Yogyakarta Profesor Sutanto menambahkan, penyampaian visi misi balon rektor digelar pada 10 hingga 13 Agustus 2018. Setelah penyampaian visi misi kemudian, senat melalui rapat tertutup menilai dan menetapkan tiga calon rektor UPN kemudian pada 14 Agustus 2018 menyerahkan ketiga nama tersebut ke Menristekdikti.

"Ini menjadi pertama kalinya UPN melakukan proses pendaftaran melalui penjaringan, dari sebelumnya langsung ditetapkan Menteri. Proses pendaftaran bisa dikirim melalui pos," kata dia.

Rektor UPN Profesor Sari Bahagiarti menyatakan, ia tidak mencalonkan lagi sebagai rektor karena terbentur usia di atas 60 tahun pada saat pelantikan. Pakar Geologi itu memilih akan kembali menjadi dosen.

Advertisement

Sari tak mempersoalkan siapapun dan darimanapun nanti yang akan menjabat sebagai Rektor UPN, tetapi ia menegaskan Rektor UPN harus paham bela negara, mengingat UPN ditetapkan sebagai kampus bela negara.

"Siapapun boleh dari luar [UPN] dalam [UPN] yang penting saya titip salah satunya harus paham bela negara," tegasnya.

Sari mengakui, Rektor terpilih ke depan memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan di UPN mulai dari penyelesaian SDM yang belum tuntas, hingga aset yang akan menjadi masalah besar bagi pemimpin UPN ke depan.

Advertisement

"Serta masalah meningkatkan kualitas melalui akreditasi institusi berada di peringkat B, saya akan titipkan itu, serta pemeringkatan lembaga belum sesuai harapan karena masih berada di 40 sesuai pemeringkatan Kemenristekdikti, paling tidak ke depan harus 20 besar, ini tantangan," kata dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Reformasi Birokrasi Ala Kalurahan Pleret

Reformasi Birokrasi Ala Kalurahan Pleret

Jogjapolitan | 55 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement