Advertisement

Disidak, Ada Ponsel dan Sajam di Sel Lapas Wirogunan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 25 Juli 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
Disidak, Ada Ponsel dan Sajam di Sel Lapas Wirogunan llustrasi penjara. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DIY di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Wirogunan, Senin (23/7/2018) malam membuahkan hasil. Saat menyidak, petugas menemukan beberapa barang yang dilarang dimiliki oleh warga binaan, di antaranya adalah ponsel dan senjata tajam.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Gunarso mengatakan kedua barang itu ditemukan petugas di ruang tahanan blok C dan D. Ruang tahanan tersebut merupakan tempat para narapidana kejahatan umum. “Kabarnya, senjata tersebut dibuat sendiri oleh narapidana,” ucap Gunarso kepada Harianjogja.com, Selasa (24/7) malam.

Advertisement

Sidak itu sendiri, kata dia, dilakukan di seluruh lapas yang ada di wilayah DIY serentak pada Senin (23/7) malam. Dari laporan yang dia terima, proses sidak berjalan lancar dan aman (tidak ada kegaduhan).

Disinggung soal temuan ponsel dan sajam itu, dia meminta agar 156 petugas di lapas tersebut meningkatkan penjagaan. "Kapasitas lapas sebenarnya mampu menampung 500 orang. Saat ini diisi 359 orang, termasuk narapidana perempuan," kata dia.

Gunarso mengatakan temuan ponsel dan senjata tajam itu masih dalam pengembangan. Seluruh narapidana di lokasi penemuan masih diperiksa karena saat ditemukan tidak ada yang mengakui barang-barang tersebut miliknya.

Kemenkumham DIY, kata dia, terus melakukan pembinaan sumberdaya manusia (SDM) untuk peningkatan kinerja. "Kualitas instansi tidak akan baik kalau tidak dilengkapi dengan SDM yang berkualitas, berkompeten dan memiliki kredibilitas yang baik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement