Advertisement

Pentingnya Keluarga Harmonis Dikupas Lewat Diskusi Buku

Ujang Hasanudin
Jum'at, 17 Agustus 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Pentingnya Keluarga Harmonis Dikupas Lewat Diskusi Buku ari kiri: Anggota Komisi D DPRD DIY, Tustiyani; Kepala BPAD DIY Monika Nur Lastiyani; penulis buku Tina Afiatin; dan Shinta (Bunda Cinta Parenting), saat menjadi pembicara dalam bedah buku di Pendopo Balai Desa Girirejo, Imogiri, Selasa (13/8/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Pemerintah Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri menyambut baik acara diskusi dan bedah buku soal keluarga harmonis yang digelar Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY, di balai desa setempat, Selasa (13/8/2018) lalu.

"Warga terutama ibu-ibu cukup antusias mengikuti materi diskusi sampai selesai," kata Pejabat Sementara Kepala Desa Girirejo, Ngajiyo. Bahkan ia berharap kegiatan serupa kembali digelar sebagai bekal penguatan keluarga, terlebih di era kemajuan teknologi saat ini.

Advertisement

Diskusi dan bedah buku yang digelar BPAD DIY bersama Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY itu langsung membahas buku berjudul Psikologi Perkawinan dan Keluarga: Penguatan Keluarga di Era Digital Berbasis Kearifan Lokal. Penulisnya Tina Afiatun hadir langsung sebagai pembicara.

Selain Tina Afiatin Shinta dari Bunda Cinta Parenting, Kepala BPAD DIY Monika Nur Lastiyani, dan Anggota Komisi D DPRD DIY Tustiyani. Peserta yang hadir sekitar 130 orang dari masyarakat Desa Girirejo.

Tina Afiatin memaparkan kiat-kiat penguatan keluarga di tengah eksistensi media digital dan internet. Keberadaan internet sudah menjadi elemen vital yang dapat memengaruhi kehidupan keluarga. Sementara Monika Nur Lastiyani lebih pada pemanfaatan kemajuan teknologi untuk mengakses berbagai informasi, termasuk informasi dari buku-buku yang bisa diakses melalui Internet.

Ngajiyo mengatakan tema diskusi memang sangat bersentuhan langsung dengan kehidupan di masyarakat. Satu hal yang ia dapat dalam diskusi tersebut bahwa musyawarah merupakan elemen penting dalam keluarga. Musyawarah antara anak, ibu, dan ayah jangan smpai berlrut-larut. "Semua persoalan dalam keluarga harus sudah selesai menjelang tidur," kata Ngajiyo.

Kepala Sub Bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Perpustakaan BPAD DIY, Dewi Ambarwati mengatakan tema soal penguatan keluarga dipilih sesuai dengan usulan warga di lokasi yang menjadi tempat diskusi. Pihaknya sengaja mendatangkan para ahlinya langsung dalam bidang ketahanan keluarga agar masyarakat dapat menyerap semua informasi keluarga dari sumbernya langsung.

Namun demikian, diskusi dan bedah buku tersebut tidak digelar setiap saat. Karena itu untuk mengakses informasi masyarakat perlu membaca buku. Saat ini sudah ada perpustakaan di setiap desa. Pihaknya juga sudah menyuplai buku-buku ke perpustakaan desa. Buku-buku juga sebagian besar temanya berkaitan langsung dengan kondisi di setiap wilayah.

"Selain perpustakaan ada juga e-book yang bisa diakses tiap saat. Kami juga menyediakan aplikasi pinjam buku gratis yang bisa diunduh lewat android," ujar Dewi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 7 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement