Tim Monitoring DIY Kunjungi TMKK Galur

Tim Monitoring TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) dari Provinsi DIY melaksanakan kunjungan dan penilaian terhadap pelaksanaan TMKK di Kecamatan Galur, Jumat (28/9/2018). - ist
29 September 2018 10:37 WIB Yudhi Kusdiyanto Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tim Monitoring TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) dari Provinsi DIY melaksanakan kunjungan dan penilaian terhadap pelaksanaan TMKK di Kecamatan Galur, Jumat (28/9/2018). Kunjungan diawali dengan peninjauan pelaksanaan pelayanan KB dan papsmear di salah satu rumah bersalin yang ada di Dusun Potrowangsan, Desa Tirtorahayu, Kecamatan Galur, dan dilanjutkan di Pendopo Kecamatan Galur.

Kedatangan tim diterima langsung oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, bersama sejumlah pejabat lain. Tim melihat secara langsung pelaksanaan pelayanan kepada peserta KB baru dan papsmear yang dilaksanakan oleh anggota Persit KCK Cabang XXXII, IKKT Satradar 215 Congot, petugas pelayanan dari BKKBN dan Dinkes Kulonprogo, petugas Pokkes Kartika Kodim 0731 Kulonprogo dan masyarakat sekitar.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Sutedjo menyatakan bahwa kegiatan TMKK 2018 di Kabupaten Kulonprogo merupakan wujud kepedulian TNI untuk mencapai sasaran percepatan revitalisasi program KB nasional secara optimal. Dengan monitoring dan evaluasi TMKK ini diharapkan dapat mengevaluasi capaian program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) 2018 dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat. “Dengan potensi yang ada serta dukungan TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM dan kader, target akseptor KB baru akan tercapai,” kata Sutedjo, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat.

Kasubid Hubungan Antar Lembaga dan Bina Lini Lapangan BKKBN DIY, Kanthi Aryekti, mengucapkan terima kasih kepada Korem 072 Pamungkas yang ikut menyukseskan program KB. Tujuan ProgramTMKK adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk agar dapat seimbang dengan ketersediaan energi dan pangan. “Kami berharap kerja sama ini akan semakin menampakkan hasil dan semakin maju dari tahun ke tahun,” katanya.

Paparan tentang pencapaian pelaksanaan TMKK di Kecamatan Galur disampaikan oleh Pasiter Kodim 0731 Kulonprogo, Kapten Inf. Triyono. Dari hasil monitoring dan penilaian ini akan dilaksanakan penilaian oleh tim untuk menentukan nilai dari pelaksanaan TMKK di masing-masing wilayah di DIY guna menentukan siapa yang berhak maju ke tingkat nasional.