Advertisement

Sarang Tawon Gung di Gunung Api Purba Nglanggeran Berhasil Dirobohkan, Ukurannya Mencapai 1 Meter

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 22 November 2018 - 17:37 WIB
Nina Atmasari
 Sarang Tawon Gung di Gunung Api Purba Nglanggeran Berhasil Dirobohkan, Ukurannya Mencapai 1 Meter Salah satu sudut pengembangan kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Sekerumunan Tawon Gung sempat meresahkan kawasan wisata Gunung Api Purba, di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Sarang tawon itu akhirnya dapat ditemukan dan diruntuhkan, pada Rabu (21/11/2018).

Diketahui sebelumnya bahwa Tawon Gung tersebut sempat menyengat sejumlah pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran serta wisatawan, dan terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit. Kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeranpun terpaksa ditutup sementara waktu, dan hanya sejumlah destinasi yang buka seperti, embung dan Kampung Pitu.

Bagian Pemasaran Gunung Api Purba Nglanggeran, Heru Purwanto menceritakan saat mencari dan merobohkan sarang Tawon Gung tersebut, pihaknya menggandeng pawang agar lebih mudah diatasi. “Untuk merobohkan sarang ini memang sengaja malam hari karena Tawon tidak begitu agresif, lebih aman,” ujar Heru, Kamis (22/11/2018).

Sarang itu sendiri ditemukan diantara celah batu besar diantara tebing. Ukuran sarang yang besar itupun sempat mengejutkan sejumlah orang yang mencarinya. Dikatakannya ukuran sarang tersebut ditaksir memiliki ukuran sekitar satu meter.

Setelah terlihat, sarang itu kemudian dikait dengan tongkat bambu. Medan yang sulit sempat membuat kewalahan. Setelah beberapa saat sarang Tawon Gung tersebut bisa dijatuhkan.

Saat ini pihak pengelola masih mencoba mencari sarang Tawon yang jatuh tersebut, dan memastikan apakah masih ada sarang yang lain atau hanya itu. Kawasan wisata untuk pendakian Gunung Api Purba pun saat ini masih ditutup sementara waktu.

“Sudah pinjam peralatan dari Pemadam Kebakaran Gunungkidul juga. Hari ini kita sisir, sampai besok. Sampai kita pastikan benar-benar aman untuk pengunjung, baru kita akan membukanya,” ujarnya.

Terpisah Kepala UPT Damkar Gunungkidul, Diyono mengatakan pihaknya sudah mendaptkan laporan terkait adanya Tawon Gung tersebut di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Pihaknyapun akan segera melakukan tindakan.

“Kami akan segera terjunkan personil dengan jumlah kemungkinan lima orang, pada Jumat [23/11/2018] sekitar pukul 08.00 WIB kami akan kesana,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement