Advertisement

Bukan Kondisi Geografis, Ini Penyebab Tertinggi Kecelakaan Lalu Lintas di Gunungkidul

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 27 Desember 2018 - 23:17 WIB
Nina Atmasari
Bukan Kondisi Geografis, Ini Penyebab Tertinggi Kecelakaan Lalu Lintas di Gunungkidul Kondisi mobil bak terbuka seusai kecelakaan di Jalan Ponjong-Tambakromo, tepatnya di Dusun Plataran, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong, Kamis (22/11/2018) dini hari. - Ist/ Dok warga

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Angka kecelakaan di Gunungkidul tahun ini masih cukup tingi. Puluhan orang diantaranya meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Faktor kelalaian pengendara sering jadi pemicu.

Angka kecelakaan sendiri selama beberapa tahun terakhir fluktuatif. Jika tahun ini mencapai sekitar 500 kejadian, pada 2015 terjadi 393 kejadian, kemudian 2016 ada 469 kejadian dan pada 2017 terjadi 423 kejadian.

Advertisement

Kanit Lakalantas Polres Gunungkidul, Ipda Soni Yuniawan mengatakan, kecelakaan yang terjadi di Gunungkidul pada tahun ini memang meningkat dibanding tahun lalu. Begitupula dengan korban jiwa yang pada tahun ini mencapai 81 orang.

Meski begitu dikatakan Soni dari jumlah tersebut lebih banyak hanya mengalami luka ringan kemudian kerugian materiil dan hanya sedikit yang mengalami luka berat.

"Terkait penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas sendiri kebanyakan disebabkan oleh kelalaian manusia. Seperti berkendara terlalu kencang, tidak mematuhi rambu lalu lintas dan tidak mengenakan helm,” ujar Soni, Kamis (27/12/2018).

Selain itu penyebab lainnya yaitu akibat kondisi geografis serta tingkat kelayakan kendaraan, seperti yang terjadi pada kasus kecelakaan truk di Ngawen yang menyebabkan lima orang meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement