Gelombang Laut Pantai Selatan Masih Landai, Wisatawan Tetap Diminta Hati-Hati

Ilustrasi kenaikan gelombang di Pantai Baron, Gunungkidul, DIY. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
28 Desember 2018 06:50 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– SAR Satlinmas Wilayah II DIY memantau gelombang di kawasan pantai Gunungkidul landai. Namun demikian, para wisatawan tetap diminta berhati-hati saat bermain di kawasan pantai sehingga terhindar dari musibah.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, kondisi di kawasan pantai terlihat kondusif. Hal ini berdasarkan pemantauan tinggi gelombang yang terlihat normal. “Tidak ada kenaikan dan normal. Adapun potensinya tidak lebih dari delapan kaki dan masih di batas yang normal,” katanya, Kamis (27/12/2018).

Meski terpantau normal, Marjono meminta kepada wisatawan untuk tetap berhati-hati sehingga terhindar dari musibah, khususnya kecelakaan laut. Diakuinya, anggota SAR terus bersiaga untuk memantau keadaan di laut sehingga pada saat ada kejadian bisa langsung memberikan pertolongan. “Kita terus awasi. Kalau ada pengunjung yang berada di lokasi berbahaya langsung diingatkan agar menjauh sehingga terhindar dari musibah,” ungkapnya.

Menurut dia, pemantauan tidak hanya dilakukan dari posko SAR, namun juga menerjunkan personel untuk berbaur dengan wisatawan. “Kami memang terus bersiaga, tapi untuk keselamatan juga butuh partisipasi dari pengunjung. Salah satunya tidak bermain di daerah berbahaya. Selama ini, terjadinya laka laut karena faktor manusia yang tidak mengindahkan peringatan agar tidak bermain di area yang berbahaya,” imbuh Marjono.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, isu adanya gelombang tinggi atau tsunami di kawasan Pantai Selatan sangat meresahkan dan berdampak pada tingkat kunjungan wisata. Menurut dia, hingga saat ini, isu-isu tersebut tidak terbukti dan lebih ke kabar bohong. “Jangan mudah percaya. Kalau ada berita yang beredar harus dicek dulu kebenarannya. Yang pasti, untuk kawasan pantai Gunungkidul masih aman,” katanya.

Menurut dia, jika pengunjung ragu dengan keselamatan saat berkunjung di wilayah pantai, di Gunungkidul masih banyak obyek wisata lain yang menarik. “Di sektor utara banyak menawarkan panorama alam dari pegunungan seperti obyek wisata green village, Gunung Api Purba Nglanggeran hingga Gunung Gambar,” imbuhnya.