Advertisement

7.000 Pekerja Informal Ditargetkan Ikut Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

David Kurniawan
Selasa, 26 Maret 2019 - 21:37 WIB
Yudhi Kusdiyanto
7.000 Pekerja Informal Ditargetkan Ikut Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Petugas BPJS Ketenagakerjaan melayani warga di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (22/6/2017). - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– BPJS Ketenagakerjaan Gunungkidul terus menggelar sosialisasi kepesertaan. Selain menyasar pekerja di sektor formal, sektor informal juga ditarget menjadi sasaran kepesertaan. Untuk tahun ini BPJS Ketenagakerjaan Gunungkidul menargetkan 7.000 peserta dari sektor informal.

Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Gunungkidul, Dhian Novita, mengatakan kepesertaan dari sektor informal masih minim. Hingga saat ini yang terdata dalam kepesertaan baru mencapai 2.900 orang.

Advertisement

Dian menyatakan jajarannya terus menyosialisasikan kepesertaan tak hanya untuk pekerja formal. Sosialiasi juga dilakukan secara mandiri dengan mendatangi para pekerja secara langsung, seperti mendatangi kelompok nelayan serta ke pasar tradisional. “Kami terus melakukan sosialisasi karena semua berhak ikut kepesertaan karena banyak manfaat yang bisa diperoleh,” katanya kepada wartawan, Selasa (26/3/2019).

Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari jaminan kecelakaan kerja, kematian hingga jaminan hari tua. Menurut dia, kepesertaan ini sangat membantu pekerja saat terjadi insiden. Sebagai contoh saat terjadi kecelakaan kerja, seluruh biaya perawatan ditanggung dan pekerja mendapatkan santunan tidak mampu bekerja. “Hal yang sama juga diberikan saat terjadi kematian dalam kecelakaan kerja akan ada kompensasi yang diberikan kepada keluarga pekerja,” katanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Gunungkidul, Suyono, mengatakan komitmennya untuk membantu sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. Menurut dia sosialisasi untuk pekerja informal di Gunungkidul meliputi petani, buruh bangunan, nelayan dan pedagang. “Kepesertaan bukan hanya untuk PNS atau pekerja di sektor formal, tapi kalangan seperti buruh, pedagang, nelayan juga membutuhkan jaminan perlindungan kerja,” katanya.

Suyono menuturkan jaminan sosial untuk para pekerja informal sangat penting karena pekerja rentan mengalami kecelakaan kerja sehingga membutuhkan jaminan. “Selain BPJS Kesehatan ada BPJS Ketenagakerjaan sehingga diharapkan masyarakat Gunungkidul ikut karena kepesertaan dapat memberikan jaminan saat terjadi kecelakaan kerja hingga kematian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wapres Ma'ruf Amin Segera Temui Gibran, Ini yang Akan Dibahas

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement