Advertisement

Kongres Anak Kulonprogo Kembali Digelar

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 04 April 2019 - 22:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Kongres Anak Kulonprogo Kembali Digelar Kampanye menolak kekerasan terhadap anak. - Antara/Didik Suhartono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Forum Anak Kulonprogo (FAKP) kembali mengadakan Kongres Anak Kulonprogo 2019 dengan tajuk ACHIEVER #10 bertemakan Pelopor Inspirasi Berani Beraksi di Ruang Sadewa Gedung DPRD Kulonprogo, Kecamatan Pengasih. Rabu (3/4/2019).

Acara ini bertujuan agar anak memiliki kemandirian untuk berperan lebih dalam menyiapkan masa depannya serta berkontribusi pada perkembangan dunia. Anak-anak secara sadar memilih untuk memiliki peran dalam masyarakat, mengemukakan pendapatnya dan menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya untuk bersama-sama berbagi peran dan pengalaman untuk dunia anak yang lebih baik.

Advertisement

Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati yang datang di acara tersebut mengatakan forum anak harus bersifat profesional dalam menghadapi peraturan negara ini. Dia berharap anak-anak terutama di Kulonprogo bisa menjadi harapan bagi masa depan bangsa. “Ini perlu didorong. Pemkab Kulonprogo sudah memiliki perda pendidikan karakter dan adanya forum anak,” paparnya, Rabu.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kulonprogo Woro Kandini Andayani mengatakan Kulonprogo saat ini tengah menuju Kabupaten Layak Anak.

Langkah ini diawali dari 2017 dengan mendapatkan tingkat pratama, kemudian 2018 mendapatkan tingkat madya. Untuk tahun ini sedang dalam tahap input data guna penilaian Kabupaten Layak Anak. Pemerintah juga tengah merevitalisasi dan mengukuhkan forum anak kecamatan.

Woro menambahkan anak-anak Kulonprogo telah diberikan pemenuhan hak-hak dasar anak. Organisasi anak yang berdiri atas dukungan dari Pemerintah dalam hal ini adalah Dinsos P3A sebagai dinas pengampu dari pembangunan dan perlindungan anak juga dilakukan.

Forum Anak Kulonprogo secara sinergis dengan berbagai pihak agar mampu menjadi sarana partisipasi aktif anak. Peran aktif dalam membangun Kulonprogo dari lingkup yang kecil akan terus dilakukan. Namun, berbagai tantangan dan hambatan tentu masih ditemui, terutama dalam kaderisasi dan regenerasi kepengurusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement