Advertisement

Sleman Kaji Kebijakan Penanggulangan Vandalisme

Yogi Anugrah
Minggu, 07 April 2019 - 09:37 WIB
Sunartono
Sleman Kaji Kebijakan Penanggulangan Vandalisme Ilustrasi petugas menghapus grafiti hasil aksi vandalisme orang tidak bertanggung jawab pada rangkaian Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Depo Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (21/9/2018). - ANTARA FOTO/Humas MRT Jakarta

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Vandalisme merupakan masalah sosial yang cukup sering terjadi di wilayah Kabupaten Sleman. Oleh karenanya, pemerintah kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk mengkaji kebijakan penanggulangan vandalisme.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Sleman, Iriansya menjelaskan, vandalisme merupakan salah satu tindakan kriminalitas di kalangan remaja, bahkan banyak diantara pelakunya adalah pelajar. Namun, kata dia, penanggulangan terhadap permasalahan tersebut seringkali masih dipandang sebelah mata, karena dianggap sebagai bentuk kenakalan kecil yang tidak begitu berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat.

Advertisement

"Vandalisme adalah tindakan atau perilaku yang dilakukan remaja seperti merusak lingkungan baik itu lingkungan pribadi ataupun umum, akibatnya rusak keindahan dan kelestarian alam," katanya, Jumat (5/4/2019). 

Ia mengatakan, sejumlah upaya telah dilakukan Pemkab Sleman guna menekan kasus vandalisme ini. Mulai dari sosialisasi, pendidikan karakter di sekolah, hingga pembentukan desa karakter. Saat sosialisasi di jelaskan, kalau tindakan vandalisme tidak bisa disamakan dengan mural atau grafiti.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya akan memfasilitasi kajian kebijakan penanggulangan vandalisme dalam tiga kali pertemuan FGD pada tahun ini dengan sasaran generasi muda.

“Generasi muda nya yakni karang taruna, karena mereka garda terdepan di desa maupun dusun dalam menghadapi permasalahan sosial, salah satunya vandalisme," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement