Advertisement

Ternyata Sudah Sejak Awal April, Harga Bawang Naik

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 10 April 2019 - 17:07 WIB
Nina Atmasari
Ternyata Sudah Sejak Awal April, Harga Bawang Naik Pedagang sembako, Sanijem sedang berjualan di Pasar Sentolo, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo pada Selasa (9/4/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Harga bawang putih dan bawang merah perlahan merangkak. Harga tersebut naik sejak awal bulan ini. Stok yang kurang menjadi sebab.

Pedagang sembako di Pasar Sentolo, Sanjiem mengatakan, di awal April harga bawang putih dan bawang merah sudah merangkak naik. Sebelumnya, harga bawang putih di Maret Rp20.000 per kilogram. Kini harganya menjadi Rp28.000 per kilogram.

Advertisement

Begitu juga dengan bawang merah, sebelumnya di Maret harganya mencapai Rp30.000 per kilogram. Sedangkan, kini harganya merangkak menjadi Rp45.000 per kilogram.

"Harga bawang memang tidak stabil. Tapi kali ini terhitung paling tinggi dibanding bulan sebelum-sebelumnya," kata Sanjiem pada Harianjogja, Selasa (9/4/2019).

Di saat harga bawang putih dan merah yang kompak naik, harga komoditas lain terpantau turun. Sanjiem mengatakan, untuk harga cabai merah keriting turun menjadi Rp10.000 per kilogram dari sebelumnya Rp30.000 per kilogram. "Kalau cabai sudah tiga bulan ini turun," kata Sanjiem.

Ia mengatakan, mendapatkan stok bawang putih dan bawang merah dari lokal. "Masih dari sekitar-sekitar sini, dari Sentolo, Panjatan, Galur, kadang dari Sleman," ujar Sanijem.

Begitu juga dengan pedagang di Pasar Wates, Sukilah. Ia mengatakan, harga bawang merah dan bawang putih sudah merangkak naik dari awal April. "Bulan kemarin harganya (bawang putih) Rp22.000 per kilogram, kini harganya jadi Rp32.000 per kilogram," jelas Sukilah pada Selasa (9/4/2019).

Sukilah menduga, stok dari pengirim bawang tersebut kurang. Ia mengatakan, dapat stok barang dari luar Pulau Jawa. Menurutnya, harga bawang akan mulai stabil setelah panenan. "Ini katanya sudah panen di sananya. Jadi sepertinya akan stabil lagi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemlu Tanggapi Anggota Komite HAM PBB Terkait Netralitas Jokowi dalam Pemilu 2024

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement