Advertisement

KPU Gunungkidul Lakukan Pengecekan Kelayakan TPS

Rahmat Jiwandono
Selasa, 16 April 2019 - 18:37 WIB
Sunartono
KPU Gunungkidul Lakukan Pengecekan Kelayakan TPS Ilustrasi. - Bisnis/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI -- Sehari menjelang pemilihan umum (pemilu) Tempat Pemungutan Suara (TPS) dicek kelayakannya. Jumlah total di Gunungkidul sebanyak 2.718 TPS.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan setelah pendistribusian logistik pemilu selesai maka langkah yang dilakukan jajarannya adalah mengecek kelayakan TPS. Menurutnya, jumlah TPS yang mencapai ribuan tidak mungkin dicek satu persatu.

Advertisement

"Kami tetap berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berada di setiap desa di 18 Kecamatan untuk memastikan sudah sesuai standar atau belum," ucapnya, Selasa (16/4/2019)

Dia menambahkan, KPU Gunungkidul juga memastikan penyaluran distribusi logistik dari balai desa ke PPS tidak ada hambatan apapun. Tujuannya agar tidak ada logistik yang rusak saat dipindahkan. "Selain itu juga memastikan apakah masih ada logistik pemilu yang belum dikirim," kata dia.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Is Sumarsono, mengungkapkan standar bilik suara yang digunakan untuk mencoblos harus tertutup pada bagian belakangnya. "Kalau tidak ada tembok di belakangnya bisa ditutup dengan sebuah papan atau apa agar tidak ada orang lain yang melihat," ucapnya.

Selain itu, TPS diharapkan mudah diakses bagi siapa saja seperti kaum disabilitas supaya terjamin hak dan mendapat kemudahan saat melakukan pencoblosan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement