KPU Gunungkidul Lakukan Pengecekan Kelayakan TPS

Ilustrasi. - Bisnis/Dwi Prasetya
16 April 2019 18:37 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI -- Sehari menjelang pemilihan umum (pemilu) Tempat Pemungutan Suara (TPS) dicek kelayakannya. Jumlah total di Gunungkidul sebanyak 2.718 TPS.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan setelah pendistribusian logistik pemilu selesai maka langkah yang dilakukan jajarannya adalah mengecek kelayakan TPS. Menurutnya, jumlah TPS yang mencapai ribuan tidak mungkin dicek satu persatu.

"Kami tetap berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berada di setiap desa di 18 Kecamatan untuk memastikan sudah sesuai standar atau belum," ucapnya, Selasa (16/4/2019)

Dia menambahkan, KPU Gunungkidul juga memastikan penyaluran distribusi logistik dari balai desa ke PPS tidak ada hambatan apapun. Tujuannya agar tidak ada logistik yang rusak saat dipindahkan. "Selain itu juga memastikan apakah masih ada logistik pemilu yang belum dikirim," kata dia.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Is Sumarsono, mengungkapkan standar bilik suara yang digunakan untuk mencoblos harus tertutup pada bagian belakangnya. "Kalau tidak ada tembok di belakangnya bisa ditutup dengan sebuah papan atau apa agar tidak ada orang lain yang melihat," ucapnya.

Selain itu, TPS diharapkan mudah diakses bagi siapa saja seperti kaum disabilitas supaya terjamin hak dan mendapat kemudahan saat melakukan pencoblosan.